spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Jokowi Soroti Kesenjangan Soal Vaksin Global pada KTT Kesehatan Global

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kesehatan Global yang diadakan secara virtual pada Jumat (21/5/2021) kemarin.

    Pada kegiatan yang diikuti para pimpinan negara G-20 ini, Jokowi menyampaikan pada pimpinan negara untuk betul-betul meningkatkan pemulihan pandemi Covid-19. Menurutnya, dunia akan pulih dan terbebas dari Covid-19 apabila seluruh negara pun telah pulih.

    “Pada kesempatan itu, saya mengingatkan dunia bahwa kita hanya akan betul-betul pulih dan aman dari Covid-19 jika semua negara juga telah pulih. No one is safe until everyone is,” kata Jokowi melalui instagramnya.

    Selain itu, Jokowi pun menyoroti adanya kesenjangan yang terjadi antara negara berkembang dan negara maju. Ia mengatakan hanya 0,3 persen pasokan vaksin global untuk negara berpenghasilan rendah.

    BACA JUGA: Bela Palestina, Jokowi Diminta Prakarsai Pengiriman Tentara

    “Kesenjangan tampak semakin nyata saat 83 persen pasokan vaksin global telah diterima negara-negara kaya, sementara 17 persen sisanya diterima negara-negara berkembang di mana terdapat di dalamnya 47 persen populasi di dunia,” katanya.

    Dengan demikian, Presiden RI ke-7 itu mengajak negara-negara berkembang untuk memberikan dukungan terkait peningkatan produksi dan kesetaraan vaksin agar dapat dirasakan bagi semua negara.

    (Ganjar/Anthika Asmara)

     

    Berita Terbaru

    spot_img