spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Ini Tanaman Cantik Tapi Beracun, Yuk Kenali dan Identifikasi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Cantik, menarik dan menawan tidak selalu berdampak positif dan baik bagi kita. Diantaranya beberapa jenis tanaman yang memiliki penampilan cantik, menarik, dan menawan tapi justru berbahaya dan mengandung racun.

    Di era pandemi Covid-19, berkebun dan memiliki berbagai tanaman cantik, menarik serta menawan menjadi kegemaran baru masyarakay. Banyak jenis tanaman di dunia, tapi tahukah Anda jika ada jenis tanaman yang beracun?

    Dikutip dari CASA Indonesia, banyak dari tanaman beracun ini memiliki penampilan yang cantik, menarik dan menawan. Untuk itu, Anda perlu mengidentifikasi dan menghindari tanaman yang beracun tersebut.

    BACA JUGA: Kelola Dana THR jadi Modal Usaha, Ini Tipsnya

    Berikut 7 tanaman cantik namun beracun yang sebaiknya Anda hindari.

    1. White Baneberry (Actaea)
    Tanaman White Baneberry memiliki penampilan yang sangat unik dan menarik. Tanaman ini sering kali dijuluki dengan istilah Doll’s Eyes karena bentuknya yang menyerupai mata boneka.

    fokusjabar.id tanaman cantik beracun
    White Baneberry (Actaea). (FOTO: WEB)

    Buah beri berwarna putih yang dimiliki tanaman ini dapat menimbulkan masalah pada saluran pencernaan apabila dikonsumsi manusia dan hewan. Tak hanya itu, memegang bagian dalam dari tanaman ini pun dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

    2. Lily of the Valley (Convallaria majalis)
    Dari tampilannya, tanaman ini sangatlah menarik. Tapi, seluruh bagian dari tanaman berbunga putih ini tergolong beracun apabila dikonsumsi manusia maupun hewan.

    fokusjabar.id tanaman cantik beracun
    Lily of the Valley (Convallaria majalis). (FOTO: WEB)

    Mengkonsumsi tanaman ini dapat menimbulkan masalah pada organ jantung bahkan hingga mendatangkan kematian. Walaupun beracun apabila dikonsumsi, memegang tanaman ini tidak menimbulkan masalah pada kulit.

    3. Poison Ivy
    Dari namanya, sudah dapat ditebak jika tanaman ini adalah tanaman yang beracun. Melakukan kontak dengan tanaman ini, siap-siap saja mengalami iritasi yang luar biasa.

    fokusjabar.id tanaman cantik beracun
    Poison Ivy. (FOTO: WEB)

    Bagian paling beracun dari tanaman ini adalah daunnya. Walaupun begitu, memegang batangnya pun dapat menimbulkan reaksi alergi.

    4. Foxglove (Digitalis spp.)
    Jangan tertipu dengan penampilan tanaman ini yang cantik dan elegan. Tanaman yang seringkali ditanam di taman sebagai tanaman hias ini justru merupakan tanaman yang sangat beracun.

    fokusjabar.id tanaman cantik beracun
    Foxglove (Digitalis spp.). (FOTO: WEB)

    Tanaman Foxglove memiliki warna putih dan ungu dengan beberapa bintik di bagian kelopaknya. Tapi tanaman ini justru dapat menimbulkan masalah pada jantung dan bengkak pada bagian tangan dan pergelangan kaki.

    5. Bittersweet Nightshade (Solanum dulcamara)
    Bittersweet Nightshade adalah tanaman liar yang berbahaya karena mengandung racun. Buah beri yang sudah matang pada tanaman ini cenderung memiliki jumlah racun yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang belum matang dan daun dari tanaman ini.

    fokusjabar.id tanaman cantik beracun
    Bittersweet Nightshade (Solanum dulcamara). (FOTO: WEB)

    Walaupun demikian, buah beri yang dimiliki tanaman ini dapat mendatangkan kematian apabila dikonsumsi. Khususnya oleh anak-anak.

    6. Mountain Laurel (Kalmia latifolia)
    Penampilan menawan dan menarik dari tanaman ini akan menipu. Anda tidak akan menyangka jika tanaman ini justru mengandung banyak racun di dalamnya.

    fokusjabar.id tanaman cantik beracun
    Mountain Laurel (Kalmia latifolia). (FOTO: WEB)

    Mountain Laurel memiliki bentuk yang menyerupai sebuah mangkuk dengan beberapa bintik di bagian dalam kelopaknya. Masalah kesehatan dapat timbul karena racun dari tanaman ini antara lain adalah masalah pada saluran pencernaan dan masalah pada bagian otot.

    7. Poison Sumac (Toxicodendron vernix)
    Dengan dominasi warna merah dan jingga pada musim gugur, akan membuat tanaman jenis satu ini sangat menarik. Tapi jangan tertipu dengan penampilan, karena Poison Sumac adalah tanaman yang sangat beracun.

    fokusjabar.id tanaman cantik beracun
    Poison Sumac (Toxicodendron vernix). (FOTO: WEB)

    Walaupun terlihat segar dan menarik, tanaman yang memiliki buah beri berwarna putih ini didominasi racun. Memegang buah beri dan daun dari tanaman Poison Sumac dapat menimbulkan ruam pada kulit.

    Nah, penampilan yang cantik, menarik, dan menawan itu sangat menggoda tapi jangan mudah tertipu ya!

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img