spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Menunggu Racikan Shin Tae-yong di Timnas Senior

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Shin Tae-yong melakukan perombakan besar-besaran di tubuh timnas Indonesia sebagai persiapan menghadapi tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Sebanyak 34 pemain dipanggil pelatih berdarah Korea Selatan ini untuk menjalani pemusatan latihan di Jakarta mulai 1 Mei 2021.

    Timnas Indonesia tergabung dalam Grup G bersama Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Uni Emirat Arab (UEA). Saat ini, timnas Indonesia berada di posisi juru kunci usai menelan lima kali kekalahan yang saat itu masih ditangani pelatih Simon McMenemy.

    Tiga laga sisa yang akan dijalani timnas Indonesia yakni melawan Thailand pada 3 Juni, Vietnam pada 7 Juni, dan UEA pada 11 Juni. Namun sebelumnya, Shin Tae-yong akan membawa anak asuhnya untuk menjalani ujicoba kontra Afganistan (25 Mei) dan Oman (29 Mei).

    Dari total 34 pemain yang dipanggil, Shin Tae-yong hanya menyisakan dua pemain yang sebelumnya memperkuat timnas Indonesia di lima laga awal Grup G dibawah asuhan Simon McMenemy. Yakni Yanto Basna dan Evan Dimas.

    Sementara sisanya, didominasi pemain muda. Setidaknya ada tujuh pemain yang dipanggil Shin Tae-yong dan masih berusia dibawah 20 tahun.

    fokusjabar.id shin tae-yong timnas indonesia
    34 pemain akan menjalani TC Timnas Indonesia mulai 1 Mei guna persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. (FOTO: WEB)

    BACA JUGA: Vaksinasi Covid-19 Selesai, NPCI Jabar Makin Yakin Capai Target Peparnas XVI

    Sebelumnya, Shin Tae-yong sempat memberi sinyal akan melakukan regenerasi di timnas Indonesia. Dan ucapan pelatih asal negeri ginseng pun dibuktikan saat ini.

    “Proses regenerasi berjalan dengan baik dan mulus. Sejak saya ditunjuk, pemain muda seperti Asnawi bergabung dengan timnas,” kata Shin Tae-yong seperti dilansir Bolanas dari dongA, Sabtu (17/4/2021) lalu.

    Pelatih kelahiran Yeongdeok, Gyeongbuk ini menilai jika kepercayaan diri pemain muda sudah mulai membaik seiring dengan performa mereka di klub Eropa. Dia berharap para pemain muda yang dipanggil bisa memberi kejutan di tiga laga tersisa.

    “Indonesia sudah dipastikan tak akan lolos ke babak selanjutnya. Tapi kami ingin menunjukkan tim sudah berubah di sisa laga nanti,” kata pelatih 51 tahun itu.

    fokusjabar.id shin tae-yong timnas indonesia
    (FOTO: WEB)

    Dari 34 pemain yang dipanggil, tujuh diantaranya bermain di luar negeri yang tiga diantaranya merumput di benua biru Eropa. Yakni Yanto Basna (PT Prachuap FC), Ryuji Utomo (Penang FC), Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk), Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners), Witan Sulaeman (Radnik Surdulica), Elkan Baggot (King’s Lynn Town), dan Syahrian Abimanyu (Newcastle Jets).

    Namun tidak ada nama Saddil Ramdani yang saat ini berkarier bersama Sabah FC. Padahal, Saddil disebut-sebut tampil cukup apik bersama Sabah FC dan sudah mengemas tiga gol di enam laga terakhirnya.

    Meski didominasi pemain muda, Shin Tae-yong pun tetap menyelipkan nama-nama pemain senior. Selain nama Evan Dimas, Yanto Basna, dan Ryuji Utomo, juga ada nama gelandang Bhayangkara FC, Dendi Sylistyawan.

    Termasuk wajah baru di timnas Indonesia hasil pemantauan Shin Tae-yong pada ajang turnamen pra-musim Piala Menpora 2021 yang baru saja usai. Mereka yakni Altalariq Ballah (Persita), Saddam Emiruddin Gaffar (PSS), dan Marc Klok (Persija) sekaligus menjadi satu-satunya pemain naturalisasi yang dipanggil.

    Perombakan lain di sektor penjaga gawang. Palang pintu terakhir timnas ini mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan era Simon McMenemy.

    Kiper langganan timnas Indonesia asal Persija, Andritany Ardhiyasa tidak menjadi pilihan Shin Tae-yong. Begitu pula dengan Teja Paku Alam, Wawan Hendrawan, hingga Muhammad Ridho yang juga tidak dipanggil.

    fokusjabar.id shin tae-yong timnas indonesia
    Andritany Ardhiyasa. (FOTO: WEB)

    Pun demikian dua kiper yang tampil gemilang di turnamen Pra-musim Piala Menpora 2021. Yakni Hilman Syah (PSM), dan Ega Rizky (PSS).

    Shin Tae-yong justru memanggil tiga penjaga gawang muda yang sudah dia kenal yaitu Nadeo Argawinata (Bali United), Muhamad Riyandi (Barito Putera), dan Muchamad Aqil Savik (Persib).

    Nadeo dan Aqil sebenarnya tak terpantau perkembangan terkininya usai pelaksanana TC timnas proyeksi SEA Games 2021 pada Maret 2021. Keduanya tak bermain di Piala Menpora 2021 karena Bali United dan Persib lebih memilih memaksimalkan kiper lain.

    Hanya Riyandi yang mampu menembus kiper utama Barito Putera dan tampil di tiga laga mulai laga kedua Grup A hingga babak 8 besar. Total, Riyandi kebobolan empat gol.

    Pemilihan tersebut pun lantas memantik pertanyaan banyak pihak. Termasuk kritikan pedas yang dilontarkan kiper Persija, Andritany Ardhiyasa.

    “Ini sudah dua atau tiga kalinya saya tak dipanggil. Kalau saya bagus, coach Shin Tae-yong tidak akan menutup mata dan Insya Allah saya bisa kembali lagi ke timnas Indonesia. Jadi, dia salah atau tidak memanggil saya, saya bertekad kalau dia salah tidak memanggil saya,” kata Andritany saat konferensi pers usai Persija memastikan diri sebagai juara Piala Menpora 2021, Selasa (27/4/2021).

    Bahkan di media sosial mencuat tudingan pemanggilan 34 pemain yang dilakukan Shin Tae-yong karena titipan. Artinya, ada pihak yang ‘menitipkan’ pemainnya untuk bisa masuk dalam jajaran timnas Indonesia, siapa pun itu.

    Tudingan tersebut pun langsung dibantah asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto. Shin Tae-yong, kata Nova, memiliki kriteria tersendiri dalam memilih pemain.

    “Termasuk tidak dipanggilnya Saddil dan Riko. Kami tahu mereka pemain bagus, tapi banyak penilaian dalam memanggil atau memilih pemain. Coach Shin sudah tahu gaya main Saddil dan sempat dipanggil TC di Jakarta. Dipanggil atau tidak, ada di head coach karena punya kriteria tersendiri dalam memilih pemain,” Nova menuturkan.

    Nova mengatakan, penilaian pemain yang dipanggil timnas Indonesia tidak hanya dilakukan saat gelaran Piala Menpora 2021 saja. Coaching staff sudah melakukan pemantauan dan melihat ‘kerja’ pemain saat pelaksanaan TC terakhir di Jakarta.

    “Maaf, saya pastikan tidak ada pemain titipan di timnas saat ini,” Nova menegaskan.

    fokusjabar.id shin tae-yong timnas indonesia
    Asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto. (FOTO: WEB)

    “Rata-rata pemain yang dipanggil adalah pemain yang ikut di TC terakhir kemarin, walau mungkin jarang mendpaatkan menit bermain yang banyak di Piala Menpora. Mereka juga akan dilihat kembali bersama pemain yang bermain diluar negeri. Jadi pahami ini sebagai bagian dari proses mencari formasi terbaik dari head coach kami. Saya percaya itu yang terbaik, doanya semoga pemain yang ada saat ini bisa memberikan yang terbaik bagi timnas,” kata Nova

    Berikut 34 Pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022:

    1. Nadeo Argawinata (Bali United)
    2. M Riyandi (Barito Putera)
    3. Aqil Savik (Persib)
    4. Andy Setyo (Tira Persikabo)
    5. Arif Satria (Persebaya)
    6. Rachmat Irianto (Persebaya)
    7. Ryuji Utomo (Penang FC)
    8. Yanto Basna (PT Prachuap)
    9. Elkan Baggot (Kings Lynn Town)
    10. Nurhidayat (PSM)
    11. Firza Andika (Tira Persikabo)
    12. Salman Alfarid (Persija)
    13. Pratama Arhan (PSIS)
    14. Rifad Marasabessy (Tira Persikabo)
    15. Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners)
    16. Koko Ari (Persebaya)
    17. Evan Dimas (Bhayangkara FC)
    18. Kadek Agung (Bali United)
    19. Syahrian Abimanyu (Newcastle Jets)
    20. Marc Klok (Persija)
    21. Genta Alfaredo (Semen Padang)
    22. Witan Sulaeman (FC Radnik Surdulica)
    23. Adam Alis (Bhayangkara FC)
    24. Egy Maulana (Lechia Gdansk)
    25. Yakob Sayuri (PSM)
    26. Irfan Jauhari (Persis)
    27. Osvaldo Haay (Persija)
    28. Kushedya Yudo (Arema FC)
    29. Altalariq Ballah (Persita)
    30. Dendi Sulistyawan (Bhayangkara FC)
    31. Saddam Emiruddin (PS Sleman)
    32. Septian Satria (Persik Kediri)
    33. Braif Fatari (Persija)
    34. M Rafli (Arema FC)

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img