spot_img
Kamis 6 Mei 2021
spot_img
spot_img

Ramadan Alun-alun Ciamis Ramai, Satpol PP Siaga Atur Jarak

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Alun-alun Ciamis menjadi salah satu titik pusat keramaian yang dikunjungi warga Kabupaten Ciamis untuk menanti waktu buka puasa ataupun ngabuburit pada Ramadhan 1442 H.

Dimasa Pendemi Covid-19 hal itu tentu menjadi salahsatu potensi kerumunan yang arus menjadi perhatian Satgas Covid-19. Demi mencegah penyebaran Covid-19, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Ciamis bersiaga untuk menjaga dan mengatur jarak para pedagang dan para pengunjung Alun-alun Ciamis. 

Petugas menempatkan para pedagang kaki lima dan takjil di area Billboard. Dengan teknis protokol tiga baris memanjang pada jalan dan jarak antar pedagang sekitar 1,5-2 meter. Warga terlihat ramai berdatangan hingga menjelang magrib.

Petugas Satpol PP meminta pedagang maupun masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan. Memberikan teguran kepada pembeli ketika ada yang tidak memakai masker.

BACA JUGA: Pemuda Pancasila PAC Baregbeg Ciamis Bagikan Takjil Kepada Masyarakat

“Kita bersama dinas terkait, Dinas Perhubungan Ciamis, Perdagangan, Pertamanan sepakat untuk menempatkan pedagang musiman di kawasan Billboard Alun-alun Ciamis. Kami lakukan penataan dan jarak, karena saat ini masih dalam kondisi Pandemi COVID-19,” kata Kabid Tibum Tranmas Satpol PP Ciamis Asep Sulaeman, Rabu (28/4/2021).

FOKUSJabar.id Ciamis
Food Street Billboard Alum-alun Ciamis. (FOKUSJabar/Riza)

Berbeda dengan tahun sebelumnya meski dalam masa pandemi, kali ini tidak langsung melarang warga ngabuburit asalkan menerapkan protokol kesehatan. Pedagang pun hanya beroperasi dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB.

Warga pun bisa ke luar rumah untuk membeli takjil atau makanan berbuka puasa, tapi kemudian pulang lagi. Petugas mengimbau agar warga tidak melaksanakan buka puasa bersama.

“Kami juga meminta kepada pedagang di Alun-alun Ciamis untuk turut serta menegur masyarakat yang datang apabila tidak memakai masker. Ikut sosialisasi protokol kesehatan,” katanya.

Asep menegaskan petugas Satpol PP Ciamis akan berjaga setiap sore ke beberapa titik keramaian baik pusat kota maupun kecamatan. “Kami terjunkan 4 tim yang akan melakukan penjagaan dan berpatroli ke beberapa titik keramaian tujuan ngabuburit,” kata dia.

(Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img