spot_img
Senin 3 Mei 2021
spot_img
spot_img

Ngabuburit di Lembur Ala Sekolah Warga Motekar Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Ngabuburit menjadi istilah aktivitas umat muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa. Jika biasanya di Ciamis ngabuburit terpusat di sejumlah titik keramaian di perkotaan. Lain hal dengan gaya ngabuburit di Lembur Ala Sakola Warga Motekar.

Meski bertempat wilayah pinggiran kota jauh dari wahana-wahana keramaian di perkotaan tepatnya di Lembur Kaulinan Cibunar Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis. Penggiat Sakola Motekar menggelar rangkaian kegiatan kolaborasi.

Dari mulai bazar kuliner warga lokal hingga pagelaran-pagelaran kesenian yang melibatkan ragam komunitas yang ada di Ciamis.

Dari mulai musisi jalanan, komunitas anak Punk hingga keterlibatan organisasi formal seperti Karang Taruna.

BACA JUGA: PSBB Ciamis, Aktivitas Ngabuburit Nampak Ramai

Penggiat Sakola Warga Motekar Deni WJ mengatakan kegiatan ini berlangsung selama 23 April – 2 Mei. Dari mulai gelaran pentas Ki Pamanah Rasa, Stand Up Comedy Ciamis, Gerakan Mengajar Desa (GDM), Edukasi Bank Sampah Ciamis.

FOKUSJabar.id Ngabuburit
Kegiatan Medar Kaulinam Sakola Motekar. (FOKUSJabar/Riza)

Kemudian Medar Kaulinam Sakola Motekar yang akan dimeriahkan oleh Karang Taruna Kecamatan Sadananya, Kopgab Lintas Komunitas.

Kemudian juga akan dihadiri Markam dan Rumah Koclak, KOHATI dan FORHATI, Sucha Rama Kencana XTC PAC Sadananya dan pentas Dangiang Gentra Wirahmah Galuh (DGWG).

Deni mengaku ini merupakan inovasi untuk menggeliatkan ekonomi warga setempat. Dengan modal nekad rampak dan kadaek anak-anak Motekar.

“Antusiasme dan peran dari sahabat-sahabat komunitas sangat luar biasa sehingga rangkaian kegiatan ini dapat terselenggara,” kata Deni.

(Riza M Irfansyah/Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

spot_img