spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Panglima TNI: Seluruh Awak Kapal Selam KRI Nanggala 402 Dinyatakan Gugur

    BANDUNG,FOKUSJbar.id: Kabar terbaru dari Kapal Selam KRI Nanggala 402 seluruh awak kapal dinyatakan meninggal dunia. Hal tersebut disampaikan oleh Marsekal Panglima TNI Hadi Tjahjanto melalui konferensi pers, Minggu (25/4/2021).

    “Dengan kesedihan yang teramat dalam, saya harus menyampaikan bahwq ke 53 personel onboard KRI Nanggala 402 telah gugur” ucap Panglima TNI, dalam konferensi pers, seperti dilansir dari Kompas.com, Minggu (25/4/2021).

    Hadi mengatakan bahwa berdasarkan penemuan bukti otentik dapat disimpulkan bahwa Kapal Selam KRI Nanggala 402 telah tenggelam.

    Telah diperoleh temuan yang telah dikonfirmasi diantaranya, kemudi vertikal belakang, jangkar luar, selam timbul, baju keselamatan awak kapal NK-11.

    BACA JUGA: Bandara Kertajati Tetap Melayani Penerbangan Komersil meski Jadi Pusat Perawatan Pesawat TNI/Polri

    “Semoga perjuangan saudara-saudara dapat kita teruskan sebagai pejuang dan prajurit terbaik milik Indonesia” tambah Hadi.

    Diketahui bahwa pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 tersebut dimulai pada hari Rabu (21/4/2021) setelah dinyatakan hilang kontak pada pagi harinya.

    Kapal selam KRI Nanggala 402 dinyatakan los kontak yang diduga disebabkan karena kehilangan daya listrik atau biasa disebut black out.

    Dijelaskan bahwa di dalam kapal selam tersebut terdapat cadangan oksigen yang mampu bertahan sampai 72 jam atau jika dikalkulasikan para awak kapal yang berada dalam kapal selam tersebut bisa bertahan selama tiga hari.

    Pada hari Sabtu TNI Angkatan Laut mengabarkan bahwa kapal selam KRI Nanggala 402 tersebut tenggelam (Subsunk).

    Akan tetapi pada hari Minggu (25/4/2021) Jenderal TNI Panglima Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa seluruh awak kapal dinyatakan meninggal dunia.

    (Fauza/Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img