spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Pimpin PASI Jabar 2021-2025, Ini Yang Akan Dilakukan Aan Johana

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mencetak atlet juara lahir bathin di level nasional dan internasional menjadi misi Aan Johana usai terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jawa Barat masa bakti 2021-2025. Aan mengalahkan Dwiyanti Prettinawati pada proses pemilihan di ajang Musyawarah Provinsi (Musprov) PASI Jabar 2021 di Aula KONI Jabar, Sabtu (24/4/2021).

    Pada gelaran Musprov PASI Jabar 2021, muncul dua calon ketua umum yakni Aan Johana serta Dwiyanti Prettinawati. Sempat dilakukan upaya untuk mencapai mufakat dengan memunculkan satu calon, namun proses pemilihan Ketua umum pun akhirnya dilakukan secara voting tertutup.

    Pada voting tertutup tersebut, sebanyak 27 pengcab PASI Kota/Kabupaten di Jabar memberikan suaranya di dalam bilik suara. Berdasarkan hasil voting, Aan Johana meraih 15 suara sedangkan Dwiyanti memperoleh 12 suara.

    “Ini adalah amanah dari rekan-rekan semua untuk mengemban tugas sebagai ketua umum PASI Jabar periode 2021-2025. Saya berharap, usai pelaksanaan musprov, tidak ada lagi kubu-kubuan dan kita semua merupakan satu keluarga besar yakni PASI Jabar,” kata Aan usai terpilih sebagai Ketua Umum PASI Jabar 2021-2025, Sabtu (24/4/2021).

    BACA JUGA: Marco Motta Siap Hadapi Persib Raih Juara Piala Menpora 2021

    fokusjabar.id PASI Jabar Aan Johana
    Aan Johana saat menyampaikan visi misi. (FOTO: Ageng)

    Aan mengatakan, menyusun kepengurusan menjadi hal yang akan secepatnya dilakukan. Pasalnya, banyak yang harus dilakukan dalam menata organisasi maupun keprestasian di olahraga atletik ini.

    “Salah satu yang urgent adalah mengurus dan memfasilitasi atlet yang sedang melakukan persiapan untuk PON XX. Kita berharap bisa secepatnya membentuk kepengurusan dan dikukuhkan sehingga roda organisasi bisa berjalan,” kata dia.

    Usai itu, lanjut Aan, pihaknya akan secepatnya menggelar rapat kerja untuk menyusun program kerja PASI Jabar kedepan. Salah satunya menetapkan aturan-aturan terkait pelaksanaan babak kualifikasi Porda Jabar XIV/2022 yang harus digelar pada tahun 2021 ini.

    “Untuk program kerja itu, disesuaikan dengan visi untuk mencetak atlet juara lahir bathin di level nasional hingga internasional. Tapi apalah arti seorang Aan Johana jika tidak didukung oleh 27 pengcab PASI kota/kabupaten hingga stakeholder terkait di Jabar,” Aan menuturkan.

    Untuk itu, misi yang akan dilakukan yakni dengan melakukan konsolidasi organisasi antara pengprov dengan pengcab-pengcab dan sebaliknya. Lalu melakukan pembinaan prestasi dengan menggali potensi atlet dari setiap daerah di Jabar.

    “Salah satunya dengan menggelar kejuaraan secara berkala. Kita pun berharap setiap daerah di Jabar ini memiliki nomor unggulan di cabang atletik ini, jangan sampai hanya tersentralisasi di satu atau dua daerah saja. Intinya, prestasi atletik Jabar ini tersebar di semua daerah di Jabar,” kata Aan.

    Misi lain yang akan dilakukan yakni dengan menerapkan sport science, membangun sport tourism, serta menciptakan sport industry. Potensi-potensi yang dimiliki Jawa Barat dengan keberadaan universitas ternama, suasana dan kondisi alam, hingga industri akan terus dikembangkan.

    Salah satu program yang disiapkan untuk mendukung misi tersebut yakni Jabar Berlari. Melalui program Jabar Berlari, Aan ingin mengajak seluruh masyarakat Jabar untuk melakukan olahraga lari atau jogging.

    “Olahraga lari ini kan paling mudah dan murah untuk dilakukan,” kata Aan.

    Program Jabar Berlari ini akan dikemas dalam sebuah wisata olahraga. Salah satunya berkolaborasi dengan program KONI Jabar yang berencana menjadikan kawasan Pangalengan sebagai kawasan wisata olahraga lari.

    “Sport science, sport tourism, dan sport industry ini menjadi hal yang akan mendukung pencapaian prestasi olahraga, selain organisasi yang sehat,” kata dia.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img