spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Perpusnas Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

    JAKARTA, FOKUSJabar.id: Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menggelar vaksinasi Covid-19 untuk pegawainya. Sebanyak 1.209 pegawai di lingkungan Perpusnas terdaftar mengikuti vaksinasi tahap pertama Covid-19. Vaksinasi tahap pertama berlangsung pada 10 dan 12 April 2021, diikuti oleh pegawai negeri sipil (PNS), calon PNS, tenaga kontrak, tenaga keamanan, dan petugas kebersihan.

    Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menyampaikan, vaksinasi Covid-19 adalah program yang dilaksanakan di seluruh dunia dan menjadi program prioritas utama Pemerintah Republik Indonesia. Perpusnas sebagai instansi pelayanan publik, wajib menyelenggarakan kegiatan vaksinasi. Pemberian vaksin ini menjadi sangat penting bagi pegawai karena banyak berinteraksi dengan pengunjung perpustakaan.

    “Dengan vaksinasi ini diharapkan akan membangun imunitas sehingga dapat melindungi diri sendiri maupun orang lain. Sehingga telah divaksinnya saya dan teman-teman, kita lebih percaya diri dalam melaksanakan tugas keseharian kita di lapangan,” ungkapnya di Ruang Auditorium Perpustakaan Nasional Salemba, Jakarta, pada Senin (12/4/2021).

    Perpusnas
    Sebanyak 1.209 pegawai di lingkungan Perpustakaan Nasional terdaftar mengikuti vaksinasi tahap pertama Covid-19, di Ruang Auditorium Perpusnas Salemba, Jakarta, Senin (12/4/2021). (IST)

    Dalam kesempatan tersebut, Syarif Bando mengingatkan para pegawai untuk senantiasa menjaga kesehatan. “Namun yang namanya kesehatan bukan hanya virus covid-19 yang diantisipasi, sebagai orang perpustakaan dengan jutaan buku-buku tentang kesehatan, saya ingatkan agar kita menjadi dokter terbaik untuk diri kita sendiri. Karena kita lah yang paling tahu tentang permintaan dan keluhan sel-sel tubuh kita,” jelasnya.

    Baca Juga: Pelayanan Publik Perpusnas Raih Predikat “Sangat Baik” dari Kementerian PANRB

    Sementara itu, Plt. Kepala Biro Umum Kementerian Kesehatan Sumarjaya mengatakan, pelaksanaan vaksinasi merupakan program pemerintah sebagai upaya mengantisipasi Covid-19. “Vaksin bukan salah satu penyelesaian pandemi, namun dengan vaksin dapat memberikan 70 persen kekebalan terhadap tubuh kita terhadap Covid-19, sehingga ada peluang 30 persen yang harus kita antisipasi,” katanya.

    Sumarjaya mengingatkan, meskipun sudah divaksin namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

    Sekretaris Utama Perpusnas Woro Titi Haryanti mengatakan, pelaksanaan pemberian vaksin merupakan bentuk dukungan Perpusnas terhadap program pemerintah. Pada kesempatan tersebut, Woro juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kementerian Kesehatan, Puskesmas Kecamatan Senen, dan rumah sakit yang telah mendukung pelaksanaan vaksinasi di lingkungan Perpusnas. Pelaksanaan vaksin tahap kedua dijadwalkan pada Mei 2021.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img