spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Polda Jabar Resmi Berlakukan Tilang Elektronik di Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Polda Jawa Barat resmi memberlakukan tilang elektronik Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) hari ini, Selasa (23/3/2021).

    Penerapan mekanisme tilang elektronik ini akan memudahkan petugas dalam menindak pelanggar lalu lintas.

    “Jadi sebenarnya sekarang sudah bisa diberlakukan sehingga kalau kita lihat tadi sudah diperagakan jadi bisa langsung,” kata Kapolda Jawa Barat Irjen Ahmad Dofiri.

    Dofiri mengatakan pemberlakuan ETLE untuk tahap pertama akan diberlakukan di Bandung. Total ada 21 titik yang akan dipasang kamera untuk menjalankan mekanisme tilang elektronik tersebut.

    BACA JUGA: Lewat Kolaborasi Pemkot Bandung Siap Tekan Stunting

    “Untuk sementara di Kota Bandung, nanti pengembangan lebih lanjut mudah-mudahan nanti di Cirebon dalam artian tidak terlalu lama,” tutur dia.

    Dofiri mengatakan keberadaan tilang elektronik tersebut dinilai memiliki efek yang baik di tengah-tengah masyarakat. Sebab, kata dia, masyarakat akan sadar dan merasa terawasi sehingga tidak melakukan pelanggaran di jalan.

    “Pada saatnya nanti masyarakat juga perlahan mereka juga akan mengetahui dan ini tentunya memiliki efek yang bagus ya, karena selama ini kan harus menghadirkan petugas langsung berinteraksi dengan masyarakat tapi kan dengan ETLE maka mereka sadar betul bahwa suatu saat nanti mereka akan mendapatkan surat atau juga bisa langsung melalui notifikasi di hanphone-nya kalau sudah terdaftar,” kata dia.

    “Jadi ketika itu juga dia bisa ketahuan dia tidak memakai helm mendapat notifikasi bahwa saya melanggar dan tidak bisa mengelak karena foto dan nomor kendaraan yang bersangkutan juga terpampang di ETLE,” katanya, seperti dilansir Detik.

    Dofiri juga mengatakan, kegunaan ETLE ini juga membantu mencegah terjadinya tindak pidana.

    “Manfaatnya sangat banyak ya, bukan hanya pelanggaran lalu lintas saya kira, efeknya orang-orang mau melakukan hal-hal yang tidak kita ingin kan bersama, melakukan tindak pidana ya. Kemudian melakukan hal lainnya, itu bisa terdeteksi melalui kamera itu,” kata dia.

     

    (Agung)

     

     

     

     

     

     

    Berita Terbaru

    spot_img