spot_img
Kamis 8 April 2021
spot_img
spot_img

Bupati Garut Prihatin Baru 47 Persen Pemdes Deklarasi ODF

GARUT,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut Jawa Barat (Jabar), saat ini tengah gencar mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau buang air besar sembarangan di beberapa daerah. Salah satunya di wilayah Kecamatan Sucinaraja, Selasa (23/3/2021).

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengaku prihatin. Bagaimana tidak, hingga saat ini baru sekitar 47 persen Pemerintah Desa (Pemdes) yang mendeklarasikan ODF.

garut fokusjabar.id
Deklarasi ODF di Kecamatan Sucinaraja

“Saya prihatin karena Pemdes baru sekitar 47 persen yang sudah bebas buang air besar sembarangan,” kata Bupati di Aula Desa Tegalpanjang,  Kecamatan Sucinaraja.

BACA JUGA: Sadis! Pria di Lampung Penggal dan Arak Kepala Ayahnya Keliling Kampung

Menurut Rudy Gunawan, ODF bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya stunting. Sambung Dia, jika sanitasi yang berhubungan dengan ODF di daerahnya bagus, maka angka stunting di  bisa turun. Bahkan bisa zero stunting di tahun 2025.

“Jika komunikasi warga dengan Pemdes, kecamatan dan Puskesmas melalui program Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) bagus, maka angka stunting akan (bisa) kita turunkan. Tahun 2025, Insya Allah zero stunting,” kata Bupati.

garut fokusjabar.id
Deklarasi ODF di Kecamatan Sucinaraja

Camat Sucinaraja, Iwan Trisnadiwan mengatakan bahwa sebenarnya deklarasi ODF akan dilaksanakan tahun 2020.

“Sebenarnya deklarasi ODF akan dilaksanakan Mei 2020. Alhamdulillah, 100 persen sudah deklarasi dan merupakan kecamatan ke-7 dari 42 kecamatan yang ada,” singkat Camat.

(Andian/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img