spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Ulangan Final Liga Champions 2019/2020 di 8 Besar Musim 2020/2021

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Drawing babak 8 besar Liga Champions 2021 sudah selesai digelar. Hasilnya, laga final musim lalu antara Bayern Muenchen versus Paris Saint-Germain terjadi lebih awal.

    Drawing dilakukan oleh legenda sepakbola Turki, Hamit Altintop. Delapan tim perempatfinalis berada dalam satu pot, tanpa ada seeded maupun country protection.

    Tim yang diambil poertama, akan bertindak sebagai home team pada leg pertama babak 8 besar. Sedangkan tim yang menjadi lawannya akan menjadi tuan rumah di leg kedua.

    Manchester City menjadi klub pertama yang diambil Hamit Altintop dari pot dan akan menghadapi Borussia Dortmund. Pertemuan kedua tim terjadi pada musim 2012/2013 pada babak penyisihan grup, dimana City imbang 1-1 saat menjadi tuan rumah dan Dortmund menang 1-0 saat menjadi tuan rumah.

    Undian laga perempatfinal kedua, Porto FC yang menjadi home team di leg pertama akan menghadapi Chelsea FC. Di kompetisi antar klub benua biru, kedua tim sudah bertemu sebanyak delapan kali sejak musim 2004/2005. Yang paling banyak di musim 2015/2016 di babak penyisihan grup dimana kedua tim masing-masing memenangkan laga saat bertindak sebagai tuan rumah yakni Chelsea menang 2-0 di Stamford Bridge dan Porto menang 2-1 di Estádio do Dragão.

    BACA JUGA: Link Pengundian 8 Besar Liga Champions Eropa 2021

    fokusjabar.id liga champions 8 besar
    Pemain Bayern Muenchen, Kingsley Coman mencetak satu-satunya gol pada laga final Liga Champions 2019-2020 ke gawang PSG. (FOTO: UEFA.com)

    Pada perempatfinal ketiga, laga ulangan partai puncak musim 2019/2020 terulang yakni antara Bayern Muenchen kontra Paris Saint-Germain. Pada laga final yang digelar di Estádio do SL Benfica, Lisbon, Muenchen memastikan gelar juara Liga Champions ke-6 mereka usai menang tipis 1-0 atas PSG berkat gol Kingsley Coman di menit 59.

    Dan laga perempatfinal terakhir, akan berhadapan antara Real Madrid kontra Liverpool. Dari beberapa kali pertemuan kedua tim di babak knockout, Liverpool berhasil menyingkirkan Real Madrid pada babak 16 besar musim 2008/2009 dengan aggregate 5-0 berkat kemenangan 1-0 di Santiago Bernabéu dan 4-0 di Anfield, sekaligus menjadi kekalahan terbesar Madrid di ajang Liga Champions.

    Selain drawing pertandingan babak 8 besar, juga dilakukan drawing untuk laga semifinal dan final. Aturannya, empat bola yang berisi slip kertas bertuliskan ‘winners of quarter-final 1’ hingga ‘winners of quarter-final 4’ ditempatkan di sebuah mangkuk.

    Bola pertama dan kedua yang ditarik menunjukkan pasangan semifinal pertama. Bola pertama yang ditarik merujuk kepada tim tuan rumah untuk leg pertama. Prosedur yang sama diulang untuk menentukan semifinal kedua.

    Berdasarkan hasil drawing, semifinal pertama akan mempertemukan pemenang laga Bayern Muenchen versus PSG menghadapi pemenang laga perempatfinal antara Manchester City kontra Borussia Dortmund. Sedangkan semifinal kedua, mempertemukan pemenang laga Real Madrid melawan Liverpool dengan pemenang laga antara Porto dan Chelsea.

    Sedangkan untuk drawing laga final, hanya ditentukan tim pemenang laga semifinal yang akan menjadi home team sebagai kelengkapan administrasi. Dan berdasarkan drawing, tim yang akan menjadi home team di laga final adalah tim yang memenangkan laga semifinal pertama yakni Bayern Muenchen, PSG, Manchester City, atau Borussia Dortmund.

    fokusjabar.id liga champions 8 besar
    Hasil drawing Liga Champions 2021. (FOTO: UEFA.com)

    Untuk leg pertama babak perempat final, akan digelar pada 6 dan 7 April. Sedangkan leg kedua digelar pada 13 dan 14 April.

    Sedangkan untuk semifinal, akan dilaksanakan pada 27 dan 28 April untuk leg pertama. Lalu pada tanggal 4 dan 5 Mei untuk leg kedua semifinal Liga Champions Eropa 2021.

    Babak final sendiri akan digelar pada 29 Mei 2021 dan mengambil lokasi di Atatürk Olympic Stadium, Istanbul.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img