spot_img
Sabtu 17 April 2021
spot_img
spot_img

Mulai Hari Ini Lansia di Kota Bandung Divaksin Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung Jawa Barat (Jabar) akan memulai vaksinasi tahap 2 pada Jumat (26/2/2021).

Selain Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, guru, para pedagang juga berkesempatan ikut dalam kegiatan vaksinasi tahap 2. 

“Jumlahnya sekitar 130 ribu. Lansia 120 ribu dan sembilan ribu untuk pelayanan publik,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rosye Arosdiani. 

BACA JUGA: 35 ODGJ Asal Garut Dirujuk ke RSJMM Kota Bogor

Rosye mengatakan, Dinkes telah menerima dosis vaksin untuk para lansia dan pelayan publik dalam dua hari kemarin. Langkah berikutnya adalah didistribusikan ke rumah sakit dan Puskesmas.

“Mulai hari ini Lansia divaksin di beberapa rumah sakit. Tidak seluruh rumah sakit, rumah sakit ibu dan anak, umum dan 30 Puskesmas. Satu kecamatan satu Puskesmas,” kata Rosye.

Menurutnya, vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua terhadap lansia diberi jarak 28 hari dengan pertimbangan kondisi kesehatan yang rentan. Apabila hasil skrining kurang baik, vaksinasi ditunda.

“Vaksinasi ini diupayakan tidak dilaksanakan di rumah dan direkomendasikan di tempat mumpuni. Kalau terdapat lima kriteria seperti diabetes, hipertensi maka ditunda dulu,” ungkapnya.

Rosye menambahkan, total lansia yang terdata di Kota Bandung 280-300 ribu orang.

“Mereka, selanjutnya akan disuntik vaksin Covid-19 yang dilakukan secara bertahap,” pungkasnya.

(Yusuf Mugni/Bambang)

Artikel Lainnya

spot_img