Jumat 5 Maret 2021

Pekan ke-25 Premier League 2020/2021: The Toffees Siap Ganjal Kebangkitan The Reds

INGGRIS,FOKUSJabar.id: Minggu (21/2/2021) dini hari WIB nanti, Liverpool akan menjamu Everton di stadion Anfield pada pekan ke-25 lanjutan Premier League 2020/2021. Mampukah pasukan Jurgen Kloop ini kembali ke performa terbaiknya sekaligus menjaga keangkeran Anfield atau bahkan diganjal The Toffees?

Duel bertajuk derby Merseyside ini, sebenarnya, menjadi kesempatan bagi Liverpool untuk bangkit di kompetisi Liga Inggris. Bagaimana tidak, performa Mohamed Salah dan kolega di sepanjang tahun 2021 ini terbilang jeblok.

Dari delapan laga yang sudah mereka jalani pada Premier League 2020/2021, lima diantaranya berakhir dengan kekalahan dan hanya meraup tujuh poin saja (2 kali menang dan 1 kali seri). Bahkan pada tiga laga terakhir di ajang Premier League 2020/2021, Liverpol menderita kekalahan atas Brighton (0-1), Manchester City (1-4) dan terakhir atas Leicester 3-1 di King Power Stadium, Leicester, Sabtu (13/2/2021).

Catatan buruk pun ditorehkan The Reds dalam lima laga kandang terakhir, tanpa kemenangan. Usai ditahan West Brom 1-1 pada 27 Desember 2020, bermain imbang 0-0 kontra Manchester United, kemudian kalah 0-1 atas Burnley dan Brighton, serta dicukur Manchester City 1-4 pada Minggu (4/2/2021) lalu.

BACA JUGA: Piala Menpora 2021 Diizinkan Kepolisian, Manajemen Persib Bersyukur

fokusjabar.id premier league 2020/2021 everton liverpool
Mohamed Salah selalu mencetak gol dalam tiga laga terakhir Liverpool dan diharapkan kembali membawa kemenangan pada laga Derby Merseyside, Minggu (21/2/2021) dini hari WIB nanti. (FOTO: WEB)

Di derby Merseyside inilah kesempatan bagi Mo Salah dan kolega bisa kembali pada performa terbaik mereka. Pasalnya, aroma kemenangan sudah mereka cicipi saat menekuk RB Leipzig 0-2 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2020/2021 di Puskas Arena, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB.

Selain itu, kubu tuan rumah pun lebih diunggulkan dibanding Everton meski hanya terpaut tiga poin di klasemen sementara Premier League 2020/2021. Saat ini, Liverpool berada di peringkat enam dengan poin 40, sedangkan Everton tepat dibawahnya dengan raihan poin 37.

Dari total pertemuan kedua tim yakni 57 laga, The Reds berhasil meraih 24 kemenangan. Sedangkan The Toffees hanya meraih sembilan kali kemenangan, dan sisanya yakni 24 laga berakhir imbang.

Tak hanya itu, mengutip data head to head kedua tim dari laman resmi Premier League, Liverpool menjadi tim yang tidak terkalahkan dalam 23 laga kontra Everton (11 menang, 12 seri). Sekaligus menjadi rekor tak terkalahkan terpanjang dalam sejarah klub saat bertemu dengan salah satu tim.

Pun demikian dari data lima pertemuan terakhir kedua tim pada derby Merseyside. Liverpool berada diatas angin dengan dua kemenangan. Bahkan The Toffees selalu gagal mengalahkan The Reds dari lima pertemuan terakhir mereka.

Terlepas dari keunggulan data statistis pertemuan kedua tim, Liverpool justru kehilangan beberapa pemainnya saat menjamu Everton, Minggu (21/2/2021) dini hari WIB nanti. Setidaknya ada tujuh pemain yang sebelumnya tidak bisa tampil membela The Reds.

Di lini belakang, pelatih Liverpool Jurgen Klopp kemungkinan besar tidak akan menurunkan Joel Matip, Joseph Gomez, serta Virgil van Dijk yang masih dibekap cedera. Lalu di lini sentral, Naby Kieta, James Milner dan Fabinho pun masih diragukan tampil. Sedangkan di lini depan, Diogo Jota pun dikabarkan masih mengalami cedera.

“Naby (Kieta) sudah berlatih kemarin dan kami akan melihat apakah dia siap diturunkan atau tidak. sedangkan Fabinho tidak berlatih begitu pula yang lain. Tidak ada hal yang baru. Fabinho, Millie (James Milner) dan Diogo (Jota) sudah semakin membaik, tetapi nampaknya tidak untuk akhir pekan ini,” kata Klopp dilansir dari laman resmi klub.

Meski Naby Kieta sudah kembali ikut berlatih bersama Mo Salah dan kolega, namun Klopp masih membutuhkan data terukur terkait kebugaran gelandang asal Guinea tersebut. Bahkan Klopp pun tidak menurunkan Kieta pada laga kontra RB Leipzig, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB.

“Kami tidak menahannya atau apa pun. Tentu saja, setelah cedera yang dia alami, kami tidak ingin memaksanya atau sesuatu seperti itu, tetapi akan menyenangkan jika dia bisa kembali. Belum ada keputusan yang dibuat, tetapi dia (Naby Kieta) tidak cedera lagi dan sekarang kami harus mencari tahu seberapa fit dia untuk bermain berapa menit,” kata dia.

BACA JUGA: Frets Menyambut Baik Piala Menpora 2021

fokusjabar.id premier league 2020/2021 everton liverpool
Dominic Calvert-Lewin diharapkan kembali mencetak gol seperti saat laga derby Merseyside edisi perdana Premier League 2020/2021 setelah absen di dua laga Everton karena cedera. (FOTO: WEB)

Sementara di kubu tim tamu, Everton datang dengan luka ke Anfield usai menderita dua kekalahan beruntun di Premier League 2020/2021. Bahkan dua kekalahan tersebut diderita di kandang mereka, Goodison Park, atas Manchester City (1-3) dan Fulham (0-2).

Setali dua uang dengan Liverpool, Everton pun mencatatkan hasil yang kurang baik di tahun 2021. The Toffees hanya meraih dua kemenangan dari delapan laga di tahun 2021, sedangkan enam laga lain diakhiri dengan empat kekalahan dan dua kali imbang.

Catatan yang sangat jauh berbeda dibanding lima laga di akhir tahun 2020. Dari lima laga di bulan Desember 2020, Everton berhasil meraih empat kemenangan dan satu kali bermain imbang kontra Burnley.

Meski demikian, The Toffees punya catatan baik saat tampil di kandang lawan. Dalam tujuh laga kandang di Premier League, Everton tidak pernah menderita kekalahan (5 kali menang, 2 kali seri). Selain itu, Carlo Ancelotti pun mendapatkan angin segar menjelang derby Merseyside kali ini.

Ya, tiga pemain kunci The Toffees menunjukkan perkembangan baik dari cederanya dan kemungkinan besar bisa diturunkan. Seperti Dominic Calvert-Lewin, Allan, serta James Rodrigues.

Sebelumnya, Calvert-Lewin yang menjadi pencetak gol terbanyak Everton di musim ini dengan torehan 18 gol di semua kompetisi harus absen di dua laga terakhir karena cedera hamstring. Calvert-Lewin bisa menjadi ancaman bagi lini pertahanan Liverpool seperti yang dilakukannya pada pertemuan terakhir 17 Oktober 2020 lalu dengan mencetak satu gol.

Sementara gelandang all-action Allan pun kemungkinan bisa tampil untuk pertama kalinya sejak mengalami cedera hamstring saat Everton mengalahkan Leicester City 2-0 pada Kamis (17/12/2020). Dan James Rodriguez yang tampil sebagai pemain pengganti saat kontra Manchester City karena cedera betis, disebutkan sudah mencapai kebugaran ’99 persen’ menjelang laga derby Merseyside.

Ancelotti kemungkinan hanya kehilangan bek asal Kolombia, Yerry Mina yang menderita cedera betis saat menghadapi Manchester City sehingga kemungkinan absen antara tiga hingga empat minggu. Lalu gelandang Jean-Philippe Gbamin yang harus melanjutkan rehabilitasi dari cedera achilles.

“Dominic Calvert-Lewin dan Allan kembali. Faktanya kami memiliki banyak pertandingan dalam periode ini dan penting memiliki semua skuad yang tersedia. Kami hampir mendapatkan semua pemain fit. Ini penting. Kami bisa merotasi sedikit dan menjaga skuad lebih segar,” kata Ancelotti dikutip dari laman resmi klub.

Khusus untuk kembalinya gelandang asal Brasil Allan setelah absen selama dua bulan, Ancelotti mengaku sangat bersyukur. Pasalnya, kehadiran Allan akan membuat lini sentral The Toffees lebih kuat.

“Saya senang Allan kembali, sangat penting bagi kami di periode ini, konsistensi tim akan meningkat. Allan bisa menambah lebih banyak intensitas, lebih banyak konsentrasi dalam bertahan, meski Tom Davies yang paling sering menggantikannya, juga melakukan tugas dengan sangat baik,: kata mantan pelatih AC Milan itu.

Meski demikian, Ancelotti tetap mewanti-wanti pemainnya untuk tampil fokus, berani dan percaya diri sehingga bisa meraih hasil yang bagus di derby Merseyside episode kedua di musim ini. Alasannya, Liverpool bukan tim yang mudah dikalahkan di kandang mereka meski Everton memiliki catatan rekor bagus di laga tandang Premier League 2020/2021 dengan meraih 23 poin dari 11 laga tandang.

“Penting untuk fokus pada apa yang akan kami lakukan dalam permainan, strategi permainan, menjadi berani dan percaya diri. Untuk bermain melawan Liverpool, Anda harus bersaing di level yang mereka gunakan untuk bermain. Anda harus mencoba menemukan solusi di depan, tidak bisa hanya bertahan. Anda harus mencoba untuk menyebabkan masalah di lini pertahanan mereka dan kami akan mencoba melakukannya,” Ancelotti menuturkan.

Ancelotti dengan tegas akan berjuang untuk meraih poin maksimal pada derby Merseyside kedua Premier League 2020/2021 ini. Para pemainnya pun diharapkan bisa tampil lepas tanpa tekanan sehingga bisa memberikan performa terbaiknya.

“Saat melawan Manchester City, itu pertandingan yang sangat sulit dan begitu pula saat melawan Liverpool nanti. Tapi kami ingin bersaing dengan tetangga kami dan ini derby, pertandingan khusus. Motivasinya sangat tinggi,” kata mantan pelatih Real Madrid ini.

“Setiap pertandingan melawan Liverpool, Anda ingin menang. Bisa jadi waktu yang tepat adalah besok dan itu tergantung pada apa yang bisa kami lakukan di lapangan. Kami tidak memiliki tekanan … kami lebih baik dibandingkan dengan masa lalu dan dapat memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan hasil,” Ancelotti menegaskan.

8 Laga Liverpool pada Tahun 2021 di Premier League 2020/2021
Sabtu (13/2/2021) : Leicester 3-1 Liverpool, King Power Stadium, Leicester
Minggu (7/2/2021) : Liverpool 1-4 Man City, Anfield, Liverpool
Kamis (4/2/2021) : Liverpool 0-1 Brighton, Anfield, Liverpool
Minggu (31/1/2021) : West Ham 1-3 Liverpool, London Stadium, London
Jumat (29/1/2021) : Spurs 1-3 Liverpool, Tottenham Hotspur Stadium, London
Jumat (22/1/2021) : Liverpool 0-1 Burnley, Anfield, Liverpool
Minggu (17/1/2021) : Liverpool 0-0 Man Utd, Anfield, Liverpool
Selasa (5/1/2021) : Southampton 1-0 Liverpool, St. Mary’s Stadium, Southampton

8 Laga Everton pada Tahun 2021 di Premier League 2020/2021
Kamis (18/2/2021) : Everton 1-3 Man City, Goodison Park, Liverpool
Senin (15/2/2021) : Everton 0-2 Fulham, Goodison Park, Liverpool
Minggu (7/2/2021) : Man Utd 3-3 Everton, Old Trafford, Manchester
Kamis (4/2/2021) : Leeds 1-2 Everton, Elland Road, Leeds
Sabtu (30/1/2021) : Everton 0-2 Newcastle, Goodison Park, Liverpool
kamis (28/1/2021) : Everton 1-1 Leicester, Goodison Park, Liverpool
Rabu (13/1/2021) : Wolves 1-2 Everton, Molineux Stadium, Wolverhampton
Sabtu (2/1/2021) : Everton 0-1 West Ham, Goodison Park, Liverpool

5 Pertemuan Terakhir Derby Merseyside
Sabtu (17/10/2020) : Everton 2-2 Liverpool, Goodison Park, Liverpool
Minggu (21/6/2020) : Everton 0-0 Liverpool, Goodison Park, Liverpool
Rabu (4/12/2019) : Liverpool 5-2 Everton, Anfield, Liverpool
Minggu (3/3/2019) : Everton 0-0 Liverpool, Goodison Park, Liverpool
Minggu (2/12/2018) : Liverpool 1-0 Everton, Anfield, Liverpool

Prediksi Pemain
Liverpool (4-3-3)
Pemain : Alisson Becker (GK); Andy Robertson, Jordan Henderson, Ozan Kabak, Trent Alexander-Arnold; Curtis Jones, Georginio Wijnaldum, Thiago Alcantara; Sadio Mane, Firmino, Mohamed Salah.
Pelatih: Jurgen Klopp.

Everton (4-2-3-1)
Pemain: Jordan Pickford (GK); Lucas Digne, Michael Keane, Ben Godfrey, Mason Holgate; Allan, Abdoulaye Doucoure; Richarlison, Gylfy Sigurdsson, James Rodriguez; Dominic Calvert-Lewin.
Pelatih: Carlo Ancelotti.

Prediksi Skor : Liverpool 2-1 Everton

(Ageng)

Artikel Lainnya

Pekan ke-25 Premier League 2020/2021: The Toffees Siap Ganjal Kebangkitan The Reds 1