spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    4 Aroma Ini bisa Bantu Turunkan Berat Badan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Mencium sejumlah aroma disebut bisa membantu proses menurunkan berat badan. Pasalnya, penciuman memainkan peran dalam hal nafsu makan.

    Alan Hirsch, dari Smell & Taste Treatment and Research Foundation mengatakan, aroma punya kemampuan untuk menipu otak.

    “Itu [aroma] membodohi otak dengan berpikir bahwa Anda telah makan dan kenyang, sehingga Anda harus makan lebih sedikit,” kata Hirsch, seperti dilansir CNN.

    Rasa, kata Hirsch, bisa dirasakan oleh saraf penciuman. Saraf ini terkait langsung dengan bagian otak yang memberikan sinyal kenyang.

    BACA JUGA: 4 Posisi Seks Bikin Pasangan Wanita Cepat Klimaks

    “Dengan mencium bau, otak merasakan ‘saya telah menciumnya, oleh karena itu saya telah memakannya, dan saya lebih baik berhenti memakannya’,” ujar Hirsch.

    Berikut 4 aroma yang bisa membantu menurunkan berat badan:

    1. Minyak zaitun

    Ilustrasi. (web)

    Sebuah studi mencatat, mencium aroma minyak zaitun extra virgin dapat menimbulkan perasaan kenyang. Saat ekstrak aroma ini ditambahkan ke dalam yogurt, peserta studi ditemukan mengonsumsi lebih sedikit kalori dan memiliki respons gula darah yang lebih baik dibanding mereka yang mengonsumsi yogurt tanpa ekstrak minyak zaitun.

    Tak hanya itu, peserta juga mengalami peningkatan hormon serotonin yang lebih tinggi. Hormon ini berhubungan dengan rasa kenyang.

    2. Bawang putih

    Ilustrasi. (web)

    Anda tentu sudah tak asing dengan bau tumis bawang putih yang begitu menyengat. Siapa sangka jika aroma yang kuat, seperti pada bawang putih, membuat seseorang makan dalam porsi lebih sedikit.

    Hal tersebut ditemukan dalam sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Flavor. Hasil studi menyebut, konsumsi makanan dengan rasa yang berani dan aroma yang kuat ditemukan mampu membantu menurunkan berat badan.

    3. Jeruk Bali

    Ilustrasi. (web)

    Buah satu ini menjadi favorit bagi para pelaku diet. Buah yang kaya akan vitamin C ini bahkan ditemukan dapat membantu penurunan berat badan.

    Luangkan waktu beberapa detik untuk mencium aromanya. Sebuah penelitian di Jepang menemukan bahwa tikus yang mencium aroma Jeruk Bali selama 15 menit mengalami penurunan nafsu makan, yang pada gilirannya dapat membantu menurunkan berat badan.

    4. Apel hijau dan pisang

    Ilustrasi. (web)

    Biasanya apel dan pisang dikonsumsi sebagai camilan sehat saat sedang menjalani program diet. Namun, tak hanya dimakan, mencium keduanya juga bisa membantu menekan rasa lapar.

     

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img