spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Turnamen Pra Musim, Robert Alberts: Jaminan Liga 1

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menilai pentingnya digelar turnamen sebelum kompetisi Liga 1 2021 digelar. Banyak manfaat yang bisa didapat dari turnamen pra-musim.

    Menurut mantan pelatih PSM Makassar ini, beberapa manfaat dari digelarnya turnamen pra-musim diantaranya sebagai ajang pemanasan bagi setiap klub peserta sebelum mengarungi kompetisi.

    Apalagi, kompetisi di Indonesia sudah lama dihentikan sejak pertengahan Maret lalu karena pandemi corona (Covid-19). Musim 2020 pun akhirnya resmi dibatalkan melalui rapat Exco PSSI yang diselenggarakan pada Rabu (20/01/2021). Kondisi ini membuat pemain cukup lama tidak merasakan atmosfer pertandingan.

    Selain itu, panitia pelaksana (panpel) pertandingan bisa melakukan mencoba menerapkan regulasi yang akan digunakan saat kompetisi. Salah satunya penerapan protokol kesehatan.

    BACA JUGA: Robert Alberts Usulkan Pertandingan Pramusim 2021 Setelah Ramadhan

    “Saya pikir klub bisa mengatur sendiri dalam menggelar kompetisi atau turnamen skala kecil dan menggelarnya di stadion kosong. Sekaligus untuk mengetahui bagaimana penerapan prosedur di Liga ketika pertandingan digelar tanpa penonton,” kata Robert Alberts.

    Selain itu, Panpel bisa melakukan evaluasi dari turnamen sebelum kompetisi resmi digelar. Sehingga, saat Liga 1 2021 bergulir, bisa berjalan dengan maksimal.

    “Karena itu menjadi jaminan seperti yang terjadi di Eropa, anda tidak bisa menggelar pertandingan jika orang-orang tetap datang ke stadion,” Robert Alberts menambahkan.

    Terkait waktu yang cocok untuk digelarnya kompetisi, Robert Alberts menilai idealnya Liga 1 2021 digelar dua bulan setelah Idul Fitri. Yakni sekitar Juli atau Agustus 2021.

    (Arif/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img