spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Tangani Jenazah Covid-19, Pemkot Bandung Kucurkan Rp4 M

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengalokasikan dana sekitar Rp4 Miliar untuk membiayai proses penanganan jenazah Covid-19. Dana tersebut termasuk untuk tenaga tambahan pemikul jenazah yang saat ini dijadikan Pekerja Harian Lepas (PHL) oleh Dinas Tata Ruang (Distaru) di TPU Cikadut.

    Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, alokasi dana didapat setelah berdiskusi dengan Kepala BPKA dan Kepala Distaru Kota Bandung sebagai operasional selama 11 bulan ke depan.

    “Jadi sejak Februari sampai Desember 2021. Tapi itu belum ada garansi berlanjut, ini selama pandemi Covid-19,” kata Ema usai menghadiri Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Bandung, di Gedung DPRD Kota Bandung Jalam Sukabumi, Jabar,  Selasa (2/2/2021).

    BACA JUGA: Pemikul Jenazah Covid-19 TPU Cikadut Kota Bandung Bakal Jadi PHL

    Menurutnya, jika bukan dalam keadaan pandemi Covid-19, biasanya yang menggotong jenazah ke liang lahat dilakukan oleh keluarga atau orang terdekat. Tetapi di masa pandemi ini bagaimanapun harus diakomodir.

    Ema mengaku sudah melaporkan hal tersebut kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung. Semua sudah dalam proses agar tidak ada lagi persoalan mengenai penanganan jenazah Covid-19 ke depannya.

    “Insya Allah tidak ada lagi masalah terkait penanganan jenazah covid untuk pemakaman. Karena memang jaraknya cukup jauh sekitar 200-300 meter ke lokasi penguburan,” kata dia. 

    Ema menambahkan, untuk antisipasi, lahan pemakaman di TPU Cikadut saat ini masih tersisa 4.782 liang lahat untuk jenazah Covid-19.

    (Yusuf Mugni/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img