Kamis 14 Januari 2021

Indonesia Pastikan 6 Wakil pada Perempatfinal YONEX Thailand Open 2021

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Hingga hari ketiga (Kamis, 14/1/2021) gelaran turnamen bulutangkis ‘YONEX Thailand Open 2021‘, Indonesia masih menyisakan wakilnya pada babak perempatfinal turnamen bulutangkis kategori BWF World Tour Super 1000 ini. Pebulutangkis Indonesia masih berjuang di empat nomor setelah gagal total di nomor tunggal putri.

Indonesia menurunkan dua atlet di nomor tunggal putri pada turnamen bulutangkis tingkat dunia perdana Asian Leg ini. Namun, para wakil Indonesia di tunggal putri justru harus angkat koper lebih dulu sejak babak pertama.

Gregoria Mariska Tunjung yang menjadi andalan Indonesia di nomor tunggal, justru kalah atas pebulutangkis Korea Selatan, Sung Ji-Hyun melalui rubber set 15-21, 21-15, 21-14. Lalu Ruseli Hartawan yang juga mengalami kekalahan atas pebultangkis tuan rumah Supanida Katethong dua set langsung 21-14, 21-16.

BACA JUGA: Ariel Noah Divaksin di Bandung

fokusjabar.id Thailand Open 2021 bulutangkis Indonesia
Anthony Sinisuka Ginting memastikan satu tempat di perempatfinal Thailand Open 2021 setelah mengalahkan wakil tuan rumah Kunlavut Vitidsarn 21-16, 21-19. (FOTO: BWF)

Kondisi berbeda terjadi di nomor tunggal putra. Tiga atlet bulutangkis Indonesia masih berjuang untuk memperebutkan gelar juara pada turnamen bulutangkis dengan total hadiah USD 1 juta ini.

Peringkat nomor enam dunia, Anthony Sinisuka Ginting memastikan melaju ke babak perempat final setelah mengalahkan atlet tuan rumah, Kunlavut Vitidsarn dua set langsung 21-16, 21-19 di babak kedua. Sebelumnya, Ginting menekuk wakil Korea Selatan Heo Kwang Hee melalui pertandingan rubber set 21-15, 11-21, 21-16.

Ginting sendiri harus ‘berkeringat’ lebih banyak saat mengalahkan atlet tuan rumah, Kunlavut Vitidsarn. Meski masih berusia 19 tahun, Ginting yang menjadi unggulan kelima di turnamen Thailand Open 2021 ini memuji penampilan Kunlavut.

“Untuk seusianya, dia punya kualitas. Saya baru pertama kali menghadapi dia dan sudah merasakan bagusnya permainnya. Dia punya teknik yang bagus dan cukup menyulitkan saya terutama di set kedua bahkan sempat memimpin. Saya menang dari pengalaman,” kata Ginting seperti dilansir laman resmi BWF.

Di babak perempat final Thailand Open 2021, Ginting akan menghadapi wakil Denmark Rasmus Genke. Pada babak kedua, Rasmus Genke menyingkirkan wakil Thailand Khosit Phetpradab dua set langsung 22-20, 21-8.

Langkah Ginting ke babak perempat final Thailand Open 2021, diikuti pebulutangkis Indonesia lainnya Jonatan Christie. Sebagai unggulan ke-6, Jonatan Christie cukup mudah mengalahkan wakil Kanada Jason Anthony Ho Shue dua set langsung 21-10, 21-9 setelah sebelumnya harus menjalani rubber set saat menekuk wakil Singapura Loh Kean Yew 13-21, 21-10, 21-16.

Untuk memastikan tiket ke semifinal, Jojo harus bisa menyingkirkan lawan berat asal Denmark, Viktor Axelsen sebagai unggulan keempat. Dalam lima pertemuan, Jojo tiga kali kalah dan dua kali menang.

“Untuk besok yang penting adalah kepercayaan diri di lapangan. Secara pengalaman dan di atas kertas, Axelsen memang di atas saya. Tetapi mudah-mudahan dengan kemenangan ini bisa menambah kepercayaan diri saya,” kata Jojo dikutip dari badmintonindonesia.org.

Selain Ginting dan Jojo, Indonesia sendiri masih menyisakan satu atlet di nomor tunggal putra yakni Shesar Hiren Rhustavito. Setelah menekuk wakil India, Sameer Verma dua set langsung 21-15, 21-17 di babak pertama, Vito akan menghadapi unggulan kedua sekaligus pebulutangkis nomor dua dunia asal Taipei, Chou Tien Chen pada babak kedua yang dijadwalkan malam ini.

fokusjabar.id Thailand Open 2021 bulutangkis Indonesia
Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (FOTO: WEB)

Lalu di nomor ganda putra, Indonesia dipastikan harus kehilangan satu pasangan di babak perempat final. Pasalnya, dua ganda putra Indonesia yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin akan saling berhadapan di babak kedua pada malam ini.

Sebelumnya, Fajar Alfian/Rian Ardianto menyingkirkan ganda putra Thailand, Nipitphon Phuangphuapet/Tanupat Viriyangkura melalui pertarungan tiga set 17-21, 21-16, 22-20. Sedangkan Carnando/Marthin mengalahkan rekannya, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas
Maulana melalui rubber game 15-21, 29-27, 21-13 untuk melaju ke babak kedua.

Satu pasangan ganda putra Indonesia yang sudah memastikan satu tempat di babak perempatfinal Thailand Open 2021 yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Pasangan nomor dua dunia ini mengalahkan ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dua set langsung 21-19, 21-17 di babak kedua.

fokusjabar.id Thailand Open 2021 bulutangkis Indonesia
Pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu. (FOTO: WEB)

Di nomor ganda putri, Indonesia tinggal menyisakan pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu setelah mengalahkan ganda putri tuan rumah, Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai 21-18, 21-13 di babak kedua. Sedangan satu pasangan ganda putri lain yakni Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto tersingkir sejak babak pertama usai ditekuk wakil Prancis, Emilie Lefel/Anne Tran dengan skor 21-17 dan 21-17.

Greysia Polii/Apriyani Rahayu pun menjadi satu-satunya asa Indonesia pada turnamen Thailand Open 2021 di kelompok putri. Di babak perempatfinal, ganda putri Indonesia yang menjadi unggulan kelima ini menunggu hasil pertandingan antara ganda putri Malaysia, Tan Pearly/Thinaah Muralitharan melawan ganda putri Norwegia, Alexandra Boje/Mette Poulsen yang digelar malam ini waktu setempat.

Untuk nomor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti memastikan satu tiket ke babak perempatfinal. Juara All England 2020 ini melaju ke babak perempat final usai mengalahkan pasangan Thailand, Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran dengan skor 21-14 dan 22-20 setelah pada laga sebelumnya mengatasi perlawanan Niclas Nohr/Amalie Magelund (Denmark), 21-17 dan 21-16.

Praveen/Melati pun menjadi satu-satunya asa Indonesia di nomor ganda campuran. Sebelumnya, dua wakil Indonesia yakni Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja harus angkat koper terlebih dahulu di babak pertama.

fokusjabar.id Thailand Open 2021 bulutangkis Indonesia
Pasangan ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. (FOTO: WEB)

BACA JUGA: Kapolrestabes Bandung: Vaksinasi Senjata Kita

Turnamen bulutangkis Asian Leg ‘Thailand Open 2021’ ini menjadi yang pertama digelar setelah terhenti hampir 10 bulan akibat pandemi Covid-19. Laga turnamen pun menerapkan aturan protokol kesehatan yang cukup ketat dan mewajibkan semua pihak yang berpartisipasi untuk menjalani swab test.

Alhasil, turnamen yang masuk kategori BWF World Tour Super 1000 ini pun gagal diikuti beberapa pebulutangkis top dunia. Diantaranya tunggal putra nomor wahid dunia asal Jepang, Kento Momota yang membatalkan keikutsertaan pada YONEX Thailand Open 2021 setelah dinyatakan positif terpapar virus SaRS CoV-2.

Selain itu, ganda putra nomor satu dunia asal Indonesia Marcus Fenaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo pun gagal tampil pada turnamen tersebut. Pasalnya, Kevin Sanjaya positif terpapar Covid-19 berdasarkan tiga hasil swab test yang dilakukannya sehingga dipastikan gagal mengikuti tiga turnamen Leg Asia di pembuka 2021 di Negeri Gajah Putih.

Thailand Open 2017 sendiri digelar sejak Selasa (12/1/2021) hingga Minggu (17/1/2021) di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Usai gelaran YONEX Thailand Open 2021, akan diikuti dua turnamen BWF World Tour lainnya di negeri Gajah Putih yakni Toyota Thailand Open pada 19-24 Januari 2021 dan HSBC BWF World Tour Finals 2020 pada 27-31 Januari 2021.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Indonesia Pastikan 6 Wakil pada Perempatfinal YONEX Thailand Open 2021 1
Indonesia Pastikan 6 Wakil pada Perempatfinal YONEX Thailand Open 2021 2