spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    WHO Tidak Setuju Negara Wajibkan Vaksinasi Covid

    AMERIKA SERIKA,FOKUSJabar: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan tidak setuju dengan aturan negara yang mewajibkan vaksin corona bagi warganya.

    WHO mengatakan, mewajibkan vaksinasi corona kepada setiap warga hanya akan menjadikan mereka semakin bersikap antipati terkait vaksin Covid-19.

    “Saya tidak yakin bahwa mandat-mandat bukan arah kebijakan yang tepat di sini, khususnya bagi vaksin,” kata Direktur Departemen Imunisasi WHO, Kate O’Brien dalam jumpa pers virtual pada Desember lalu, seperti dilasnir CNN.

    Badan PBB itu berpendapat meyakinkan masyarakat terkait manfaat vaksin jauh lebih efektif untuk menarik masyarakat agar mau divaksinasi daripada mewajibkannya.

    BACA JUGA: Jokowi Divaksin, Ini Anggaran Vaksin Corona Pemerintah

    Mereka menganggap memaksa orang untuk divaksinasi adalah cara yang kurang tepat untuk mempromosikan vaksinasi Covid-19.

    Meski demikian badan PBB itu memberikan kebebasan seluruh negara dalam melaksanakan kampanye vaksinasi corona.

    “Akan lebih baik untuk mendorong dan memfasilitasi vaksinasi tanpa persyaratan semacam itu. Saya tidak berpikir kami ingin melihat ada negara yang mewajibkan vaksinasi,” kata dia.

    Menurut Direktur Urusan Darurat WHO, Micahel Ryan, pihaknya dan seluruh kepentingan di dunia perlu berjuang meyakinkan masyarakat umum agar mau divaksinasi.

    “Cerita soal vaksin adalah berita bagus. Ini adalah kemenangan usaha manusia atas musuh mikroba. Kita perlu meyakinkan orang dan kita perlu meyakinkan mereka,” kata Ryan seperti dikutip AFP.

    (Agung)

     

    Berita Terbaru

    spot_img