spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Mulai Besok, Kota Bandung Siap Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap Awal

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota Bandung siap gelar program vaksinasi Covid-19 tahap awal, vaksinasi akan dilaksanakan di RSKIA Kota Bandung pada Kamis (14/1/2021) besok.

    Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, vaksinasi ini merupakan tindak lanjut ditetapkannya Covid-19 sebagai bencana non alam.

    “Negara menganggap perlu adanya intervensi lain, selain protokol kesehatan agar masyarakat lebih terlindungi dari wabah Covid 19. Salah satunya yaitu vaksinasi Covid-19,” kata Ahyani di Jabar Rabu (13/1/2021).

    Menurutnya, tujuan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh rakyat Indonesia adalah untuk membentuk kekebalan kelompok dan menurunkan kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

    BACA JUGA: Besok, Ariel Noah dan Risa Saraswati Disuntik Vaksin di Kota Bandung

    “Termasuk juga melindungi dan memperkuat sistem Kesehatan secara menyeluruh serta menjaga produktivitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi,” katanya.

    Ahyani mengungkapkan, pada tahap awal, orang-orang yang bakal menerima vaksin Covid-19 adalah tenaga kesehatan (nakes) dan penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan.

    Lalu para pelayan publik yang rentan tertular. Di antaranya anggota TNI, Polri, Satpol PP, petugas bandara, pelabuhan, kerata api, guru, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

    “Selanjutnya masyarakat rentan geopasial, pelaku sosial dan ekonomi dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin, termasuk lansia dengan komorbid terkontrol,” kata dia.

    Ahyani menambahkan, Kota Bandung telah mempersiapkan 191 fasilitas kesehatan untuk pelayanan vaksinasi pada H-1, termasuk pendistribusian vaksin di Dinkes.

    “Hingga saat ini sudah siap 449 vaksinator yang telah terlatih, dan logistik juga siap. Namun, walau sudah mendapat suntikan vaksin virus corona, protokol kesehatan 3M harus tetap dilakukan,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img