Kamis 21 Januari 2021

Netty Prasetiyani: Bukan satu-satunya Solusi Selesaikan Pandemi Covid-19

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Anggota DPR RI Komisi IX Netty Prasetiyani mengatakan vaksin bukan sebagai solusi selesaikan pandemi Covid-19, kata dia potokol kesehatan yang dan ketegasan pemerintah dalam menegakan aturan menjadi kunci pemutus rantai pandemi Covid-19.

 “Vaksin bukan satu-satunya game changer. Vaksin bukan satu-satunya pemutus pertarungan kita dengan Covid-19. Ada banyak yang harus terus diperbaiki, seperti 3M (Memakai masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan) dan 3T (Testing, Tracing, and Treatment),” kata dia.

Netty menjelaskan, menyelesaikan pandemi ini juga harus didukung dengan fasilitas kesehatan termasuk tenaga kesehatan, Lanjut Netty, saat ini asio dokter hanya mencapi 0,4 dari seribu penduduk. Kemudian tempat tidur Rumah sakit baru 1,2 dari seribu penduduk.

“ Jadi artinya ini yang harus dijawab oleh menteri yang baru ya. Bagaimana menggerakkan sumber daya kesehatan ini bisa menahan laju Covid-19,” kata Netty Prasetiyani.

BACA JUGA: Lifestyle Baru Netty Prasetiyani Serba Produk Lokal

Selain itu Netty meminta, pemerintah tetap bisa menjami kemanan vaksin melalui otoritas terkait seperti BPOM sekaligus tanpa intervensi. Semua pengadaan dari luar negeri atau produksi vaksin dalam negeri harus memenuhi syarat utama.

“Vaksin harus memenuhi aspek safety atau keamanan. Kemudian kedua adalah efikasi, khasiat, dan kebermanfaatan vaksin lalu kualitasnya terjamin. Hasil uji klinis ini dipublikasikan kepada masyarakat dengan transparan, akuntabel dan penuh kejujuran,” kata Netty Prasetiyani.

Trasnparasi bertujuan agar masyarakat mengerti dan tidak dikaburkan dengan informasi yang simpang siur.

“Kita juga berharap bahwa bukan hanya bicara tentang pengadaan vaksin, tapi proses vaksinasinya harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Karena itu, kita tunggu hasil uji klinis vaksinnya selesai, jangan diburu-buru,” katanya.

(Anthika Asmara)

Artikel Lainnya

Netty Prasetiyani: Bukan satu-satunya Solusi Selesaikan Pandemi Covid-19 1
Netty Prasetiyani: Bukan satu-satunya Solusi Selesaikan Pandemi Covid-19 2