spot_img
Rabu 24 April 2024
spot_img
More

    Jabar Loloskan 2 Atlet ke Pelatnas Triathlon Asian Beach Games 2021

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawa Barat berhasil meloloskan dua atlet pada pelaksanaan Seleksi Nasional (Seleknas) Triathlon Asian Beach Games 2021 yang digelar di venue Layar, Ancol, Jakarta, Selasa (29/12/2020). Dua atlet tersebut yakni Rashif Amila Yaqin dan Raqi’el Az-Zahra.

    “Alhamdulillah, kita berhasil meloloskan dua atlet ke pelatnas Triathlon untuk Asian Beach Games 2021 di Cina. Ini berkat kerja keras atlet, pelatih, seluruh tim, serta dukungan FTI Jabar serta KONI Jabar,” kata Manajer Tim Seleknas Triathlon Jabar Dendi Gunawan saat dihubungi via telepon selular, Selasa (29/12/2020).

    Dendi mengatakan, pada seleknas tersebut diambil empat besar atlet. Baik di putra maupun putri.

    Di kelompok putra, Jabar menurunkan lima orang atlet. Yakni Oktadian Chandra, Rashif Amila Yaqin, Kent Wijaya, Fadhlan Muhammad Fadillah, dan Ilham Ramadhan.

    “Dari lima atlet yang kita turunkan, Rashif Amila berhasil menempati peringkat pertama sehingga lolos ke pelatnas,” kata dia.

    fokusjabar.id triathlon jabar seleknas
    Rashif Amila Yaqin disambut jajaran tim Jabar saat mencapai garis finish pertama pada seleknas Asian Beach Games 2021 di kelompok putra. (FOTO: Istimewa)

    BACA JUGA: 7 Atlet Jabar Ikuti Seleknas Triathlon Asian Beach Games 2021

    Di dua mata lomba yakni renang 1000 meter dan lari 5 kilometer, Rashif Amila berhasil mencatatkan total waktu tercepat 33 menit 26 detik. Atlet triathlon kelahiran Bandung, 2 Januari 2002 itu berhasil mencatatkan waktu 13 menit 33 detik di mata lomba renang 1000 meter dan menyelesaikan lari sejauh 5 kilometer dalam waktu 19 menit 52 detik.

    Rashif Amila berhasil mengalahkan atlet Jatim, Ronald Bintang Setiawan yang harus puas di peringkat dua dengan catatan total waktu 33 menit 48 detik. Sedangkan peringkat tiga ditempati atlet Jateng, Aloysius Reckyardo Mardian (33:54 menit) dan atlet Sumsel, Jauhari Johan (34:08 menit) di posisi keempat.

    Sementara di kelompok putri, atlet Jabar mampu mengganggiu dominasi Jatim yang berhasil menempatkan tiga atlet ke pelatnas Triathlon Asian Beach Games 2021. Raqiel Az-Zahra berhasil finish di posisi runner up dibelakang atlet Jatim, Nethavani Octaria.

    Zahra mencatatkan total waktu 38 menit 48 detik setelah menyelesaikan renang sejauh 1000 meter dalam waktu 16 menit 37 detik dan lari sejauh 5 kilometer dalam waktu 23 menit 13 detik. Sedangkan Nethavani mencatatkan total waktu 37 menit 36 detik.

    Untuk posisi ketiga dan keempat, ditempati dua atlet Jatim lainnya. Yakni Renata Berliana Aditya (38:59 menit) dan Varra Dinda Adha Shafiyah (39:42 menit).

    fokusjabar.id triathlon jabar seleknas
    Atlet putri Jabar Raqiel Az-Zahra saat mencapai garis finish pada Seleknas Asian Beach Games 2021. Zahra finish di posisi kedua setelah atlet Jatim, Nethavani Octaria. (FOTO: Istimewa)

    “Hasil ini memang sudah sesuai dengan prediksi kita sejak awal. Keduanya memiliki basic olahraga renang tapi juga punya kecepatan di lari. Sebelumnya, Ami (Rashif Amila) merupakan atlet pelatnas dan Zahra saat ini menjadi yang pertama di cabang olahraga selam nomor bifin,” kata pelatih Jabar, Vincent.

    Terkait pencapaian kelima atlet lain, Vincent mengatakan jika mereka sebenarnya memiliki peluang untuk bisa lolos ke pelatnas. Hanya saja, dari sisi waktu persiapan yang mepet membuat performa kelima atlet lain tidak terlalu maksimal.

    “Sebenarnya kalau persiapan kita lebih matang dengan waktu yang lebih lama, hasilnya akan lebih baik. Jabar punya potensi mendominasi di cabang Triathlon ini, apalagi kita memiliki cadangan atlet cukup banyak,” kata dia.

    Keberhasilan dua atlet Jabar yang lolos ke pelatnas Asian Beach Games 2021, kata Vincent, menjadi kebanggaan tersendiri bagi FTI Jabar. Apalagi, Triathlon baru saja diterima sebagai anggota baru KONI Jabar serta kepengurusan FTI Jabar pun belum lama dilantik.

    “Saya pikir, hasil ini sudah cukup maksimal dengan usia kepengurusan FTI Jabar yang baru. Apalagi triathlon bisa dibilang yang baru dan Jabar masih bisa membuktikan slogan Jabar Juara di cabang olahraga baru ini,” kata Vincent yang juga menjabat sebagai Bidang Pembinaan Prestasi di kepengurusan FTI Jabar 2020-2024 ini.

    Untuk itu, pihaknya sangat berharap dukungan dari semua stakeholder untuk perkembangan dan kemajuan triathlon Jabar. Dengan demikian, prestasi demi prestasi bisa kembali ditorehkan para atlet untuk mengharumkan nama Jabar.

    “Semoga saja KONI Jabar terus memberikan supportnya untuk perkembangan dan pencapaian prestasi cabang olahraga triathlon. Jabar punya peluang sangat besar untuk mendominasi triathlon di Indonesia, dengan catatan pembinaan berjalan dengan baik dan berjenjang,” kata dia.

    fokusjabar.id triathlon jabar seleknas
    Delapan atlet penghuni pelatnas Asian Beach Games 2021 berfoto bersama jajaran pengurus pusat FTI. Jabar berhasil meloloskan dua atlet. (FOTO: Istimewa)

    Hasil Seleknas Triathlon Asian Beach Games 2021
    Putra:
    1. Rashif Amila Yaqin (Jabar) – 00:33:26
    2. Ronald Bintang Setiawan (Jatim) – 00:33:48
    3. Aloysius Reckyardo Mardian (Jateng) – 00:33:54
    4. Jauhari Johan (Sumsel) – 00:34:08

    Putri:
    1. Nethavani Octaria (Jatim) – 00:37:36
    2. Raqiel Az-Zahra (Jabar) – 00:38:48
    3. Renata Berliana Aditya (Jatim) – 00:38:59
    4. Varra Dinda Adha Shafiyah (Jatim) – 00:39:42

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img