spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Jelang Sekolah Tatap Muka, SMP di Ciamis Bentuk Satgas Covid-19 Sekolah

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: SMPN 1 Ciamis membentuk Satgas Covid-19 Sekolah menjelang kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang membolehkan sekolah tatap muka di tahun 2021.

    Kepala SMP Negeri 1 Ciamis Agus Sumantri mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan sejak lama dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar di masa pandemi .

    “Kami telah bentuk Satgas Covid-19 Sekolah. Dalam hal ini kami bekerja sama dengan pihak Puskesmas Ciamis. Kami pun menyiapkan ruang kelas agar hanya diisi oleh 50 persen siswa dari total yang ada. Juga kami siapkan tempat cuci tangan setiap kelas,” kata Agus, Senin (30/11/2020)

    Agus mengatakan, pihaknya juga menyediakan masker untuk para peserta dan pengecekan suhu. Selain itu, sekolah juga menyediakan ruang isolasi ketika ada siswa yang mengalami gejala.

    BACA JUGA: Tren Covid-19 Meningkat, ASN Ciamis Dilarang Dinas Ke Luar Daerah

    “Jadi Satgas Covid-19 Sekolah ini akan siap siaga melakukan penanganan bila ada siswa yang bergejala. Juga melakukan pengawasan terhadap protokol kesehatan di sekolah. Hal ini tujuannya untuk mencegah penularan Covid-19 di sekolah,” kata dia.

    SMP Negeri 1 Ciamis telah mempersiapkan penjadwalan teknis dan strategi pelaksanaan belajar di sekolah. Tidak semua siswa akan melaksanakan tatap muka tapi digilir dengan sistem daring . Sekolah tatap muka akan diberlakukan bergantian per-tingkatan setiap harinya.

    “Kalau kelas 7 masuk tatap muka, maka untuk kelas 8 dan kelas 9 itu melaksanakan daring di rumah. Dan begitu seterusnya secara giliran setiap hari,” ungkapnya.

    Satgas Covid-19 sekolah juga akan selalu melakukan sterilisasi ruang kelas menggunakan cairan desinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan belajar tatap muka.

    “Tentu persiapan ini kami lakukan, kalau nantinya Pemkab Ciamis sudah mengizinkan sekolah melaksanakan belajar tatap muka. pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat siap kami lakukan,” tegasnya.

    (Riza M Irfansyah/Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img