Minggu 29 November 2020

Selama Sepekan, Pol PP Kota Bandung Jaring 499 Pelanggar Prokes

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Satpol PP Kota Bandung menjaring 499 pelanggar protokol kesehatan (Prokes) pada Gelar operasi perketatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) selama sepekan di 15 kecamatan, Jumat (20/11/2020).

Satpol PP Kota Bandung bersama TNI, Polri dan aparat kewilayahan mengumpulkan denda administrasi pelanggar hingga Rp 5.250.000.

kasatpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi mengatakan, sebanyak 109 dari 499 pelanggar membayar denda administrasi masing-masing Rp50.000. Sedangkan sebanyak 373 menerima sanksi sosial dan 18 lainnya teguran tertulis.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran warga untuk bisa menerapkan protokol kesehatan kemana pun bepergian. Di antaranya menggunakan masker sesuai dengan aturan yang ditentukan. Kalau sudah punya kesadaran, tidak perlu takut ada operasi oleh petugas,” kata Rasdian.

BACA JUGA: Satpol PP Kota Bandung Jaring 101 Pelanggar Prokes

Rasdian mengatakan, selama sepekan pihaknya menyasar 15 kecamatan yakni Panyileukan, Gedebage, Rancasari, Buah Batu, Lengkong, Batununggal, Sumur Bandung, Cibeunying Kidul, Cibeunying Kaler, Coblong, Sukajadi, Regol, Bandung Wetan, Cicendo, dan Andir. 

FOKUSJabar.id Pol pp
Satuan Polisi Pamong Praja (Satopol PP) Kota Bandung Gelar Oprasi Perketatan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) selama sepekan di 15 Kecamatan di Kota Bandung (Istimewa)

“Kecamatan lainnya masih akan dilanjutkan dengan kegiatan serupa,” kata dia.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menjalankan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan dengan air bersih mengalir, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas Satpol PP Kota Bandung Yogiarto Yoharim mengatakan, pada operasi Kamis (19/11/2020) kemarin. Aparat menindak sedikitnya 78 pelanggar di Kecamatan Cicendo dan Andir.

Sebanyak 26 pelanggar dikenakan sanksi membayar denda administrasi. Lalu, 52 orang lainnya mendapat sanksi sosial, mulai dari menyapu hingga mengumpulkan sampah di lokasi operasi serta melafalkan Pancasila. 

“Kalau push up bagi yang masih muda dan dalam keadaan fit. Ada pertimbangan dari petugas di lapangan,” kata Yogiarto.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) pada Satpol PP Kota Bandung, Henry Kusuma mengatakan, dari 16 pelanggar di sekitar Pasar Andir, Jalan Rajawali, Kelurahan Ciroyom, Kecamatan Andir, sebanyak 4 pelanggar akan menyetor secara setor mandiri ke Bank BJB.

“Pelanggar ini tidak membawa uang tunai. Jadi meminta untuk langsung bayar ke Bank BJB. Oleh bendahara penerimaan Satpol PP diberikan slip pembayarannya dan mereka setor ke BJB,” kata Henry.

(Yusuf Mugni/Agung)

Artikel Lainnya

Oded Terbitkan 7 Intruksi Pencegahan Covid-19, Ini Isinya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya menyelesaikan persoalan...

Puspel PP Jadi Solusi Pemkot Bandung Selesaikan Masalah Perempuan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pusat Pelayanan dan Pemberdayaan (Puspel PP) diharapkan menjadi wadah penyelesaian masalah yang dihadapi kaum perempuan. Baik tindakan diskriminasi berupa tindakan kekerasan maupun pelecehan.‎ Wakil...

Bek Persib Suka Liga Inggris

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemain belakang Persib Bandung, Victor Igbonefo, menilai Liga Primer Inggris hingga saat ini masih menjadi kompetisi terbaik di dunia. Meski begitu, menurut pemain naturalisasi...

Harga Daging Ayam Meroket di Pasar Manis, Ini Kata Dinas Terkait

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Tingginya harga daging ayam broiler di Pasar Manis Ciamis Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jabar, diduga karena permainan bandar besar atau pengepul. Hal tersebut diungkapkan Kepala...

Komisi D DPRD Ciamis Desak Pemkab Tegas Terapkan Prokes

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Komisi D DPRD Ciamis meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis memberikan tindakan tegas kepada warga yang melanggar protokol kesehatan (prokes). Ketua Komisi D DPRD Ciamis...

Wali Kota Cimahi Terkena OTT KPK

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna dikabarkan terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga antirasuah tersebut dikabarkan menangkap orang nomor...

Satu Dekade Angklung Mendunia Digelar di 10 TV Lokal

BANDUG,FOKUSJabar.id: Peringati satu dekade ditetapkannya angklung menjadi Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar menggelar acara bertajuk ‘Satu Dekade Angklung...