Senin 30 November 2020

Jabar Bergerak Ciamis Ajak Masyarakat Lawan Covid-19 Dengan Cinta

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Jabar Bergerak ajak masyarakat lawan Hoax Covid-19 dengan Cinta, tabayun dan patuhi protokol kesehatan dalam webinar yang dibuka oleh Pelindung Jabar Bergerak Ciamis Kania Herdiat, Jumat (20/11/2020).

“Dalam melawan Covid19, semua element masyarakat harus ikut serta, dari mulai ulama aparatur negara, dan masyarakat. Kita harus bersatu saling mengingatkan dalam penerapan Protokol Kesehatan,” kata Kania.

Webinar tersebut diisi Pembicara antaral ain Kabid pelayanan Kesehatan Dinkes Ciamis, dr Eni Rochaeni, Ketua Jabar Bergerak Ciamis Agus Irfan Wijaya dan Sekjen PWI Pokja Gedung Sate Anthika Asmara.

Dalam materinya dr Eni mengatakan, kondisi pasien positif Covid-19 di Ciamis terus bertambah, dengan refleksi melawan Covid19 dengan cinta, diharapkan setidaknya penyebaran dapat melandai.

BACA JUGA: Sekda Ciamis: ASN Harus Jadi Garda Terdepan Sosialisasi Prokes

“Melawan dengan Cinta maksudnya mencurahkan hati dan fikiran sesuai kemampuannya masing-masing, terutama milenial. Milenial aktif menggunakan medsos, diharapkan dapat saling mengingatkan, kita akan terus berjuang dan tidak akan menyerah melawan Covid-19,” kata dia.

dr Eni menambahkan, pihaknya terus menampung saran dan aspirasi dari masyarakat, menurutnya, tidak sedikit masyarakat yang masih menerima stigma, diasingkan, serta keluhan lainya.

“Kita terus membuka komunikasi dengan masyarakat, untuk mensosialisasikan protokol kesehatan, terutama dalam hal informasi terkait Covid19. Bagaimana virus ini harus disikapi dengan bijaksana, Covid-19 bukan Aib, bukan untuk ditakuti tapi harus diwaspadai,” katanya. 

Sementara, Anthika mengatakan, saat ini Kominfo mendata ada 8000 website penyebar hoax, sekitar 1000 kasus hoax sudah ditangani kepolisian.

“Informasi memang sangat berpengaruh dalam kondisi psikis masyarakat ditengah Pendemi Covid19,” kata Anthika.

Anthika menjelaskan, saat ini masih banyak informasi konspirasi kemudian opini hoax yang tidak bisa dibuktikan kebenaranya.

“Hoax yang terjadi saat ini menyesatkan, karena hoax yang muncul untuk menutupi informasi kebenaran dari Covid19 itu sendiri,” kata dia.

Anthika juga mengajak masyarakat untuk lebih sadar dalam mengenal hoaks. Caranya cukup mudah, Hoax biasanya terdapat pada artikel tidak mengandung prinsip Kode Etik jurnalistik dan 5W 1H.

Anthika juga menyarankan untuk membiasakan membaca informasi dari media yang terverifikasi dewan pers, salahsatunya FOKUSJabar.id.

Adapun 14 Media yg bersertifikasi Internasional Fuck Checking Network (IFCN) diantaranya, Tirto.id, Liputan6.com, Kompas.com, Tempo.com, Suara.com dan lainya.

Ataupun bisa masuk ke situs Covid19.go.id  semua informasi faktual tentang Covid ada disitu, termasuk konfirmasi dan referensi tentang hoax yang beredar.

“Mari kita sama-sama menjaga keutuhan dengan saling memberi informasi yang faktual. Untuk saling menguatkan dimasa Pandemi ini,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Jabar Bergerak Agus Irfan berterimakasih kepada semua yang telah berpartisipasi dalam terselenggaranya webinar tersebut.

“Kita harap dapat berpartisipasi saling menguatkan dimasa Pandemi, bagaimana informasi harus benar-benar faktual, kita bersama melawan Covid19 dengan Cinta dan penuh kesadaran,” kata Agus Irfan.

(Riza M Irfansyah/ )

Artikel Lainnya

Pemain Muda Persib Punya Cita-cita Main di Klub Luar Negeri

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemain muda Persib Bandung, Ardi Maulana, mengaku bersyukur...

Ingin Amati Gerhana Bulan Penumbra Senin (30/11) Besok, Catat Waktunya

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Fenomena gerhana bulan penumbra akan terjadi pada Senin (30/11/2020) meski hanya bisa dilihat sebagian prosesnya di wilayah Indonesia. Hal tersebut diungkapkan melalui laman...

Angka Positivity Rate Covid-19 di Kota Bandung Melebihi Standar WHO

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Angka positif aktif Covid-19 di Kota Bandung Jawa Barat (Jabar) kini tembus di 484 kasus dengan jumlah kumulatif 3039 kasus. Bahkan, untuk angka positivity...

Pandemi Covid-19, Motor Klasik Jadi Peluang Usaha

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bisnis jual beli Motor Klasik menjadi salah satu opsi penguat ekonomi di masa pendemi Corona Virus Disease (Covid-19). Warga Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis Jawa...

Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkot Bandung Lakukan Tes Masif

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota Bandung terus lakukan pengetesan secara masif untuk melacak penyebaran Covid-19. Hal itu mengakibatkan angka kasus Covid-19 di Kota Bandung terus meningkat. Wakil...

Agar Video Tidak Take Down, Konten Kreator Wajib Tahu Ini

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Konten kreator semakin banyak bermunculan di era digital saat ini seiring dengan kehadiran Youtube sebagai media digital yang semakin populer. Namun, tidak sedikit...

Daging Ayam di Pasar Ciamis Naik jadi Rp40 Ribu per Kg

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Sejak dua minggu terakhir ini, harga daging Ayam Broiler di Pasar Manis Ciamis Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) mengalami kenaikan. Menurut Eva salah seorang...