Minggu 18 Oktober 2020

Tekuk Inter 1-2, AC Milan Pemenang Derby della Madonnina Edisi 137

ITALIA,FOKUSJabar.id: AC Milan menjadi pemenang dalam Derby della Madonnina edisi ke-137 Serie A yang digelar di kandang Inter Milan, stadion Giuseppe Meazza, Sabtu (17/10/2020) malam. Zlatan Ibrahimovic menjadi pahlawan bagi Il Rossoneri dengan memborong dua gol kemenangan.

Dilansir dari Footbal Italia, derby Milan pada giornata ke-4 Serie A 2020/2021 ini merupakan pertarungan memperebutkan posisi teratas. AC Milan datang ke kandang Nerrazuri dengan kemenangan di tiga laga sebelumnya tanpa kebobolan.

Il Rossoneri datang dengan kembalinya Zlatan Ibrahimovic usai ‘memenangkan’ pertarungan dengan Covid-19. Tak hanya itu, Derby della Madonnina malam tadi pun menjadi penampilan perdana bagi Alessio Romagnoli pada musim ini setelah sembuh dari cedera.

Sementara di kubu tuan rumah, Inter Milan tampil pincang tanpa enam pemainnya yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada laga Derby della Madonnina edisi 137. Yakni Alessandro Bastoni, Milan Skriniar, Roberto Gagliardini, Ashley Young, Radja Nainggolan dan Ionut Radu.

Tak hanya itu, beberapa pemain inti pun tidak bisa diturunkan Antonio Conte pada derby Milan kali ini. Seperti Stefano Sensi karena akumulasi kartu merah, Alexis Sanchez yang tidak fit sepenuhnya dan Matias Vecino yang masih dibekap cedera.

Meski tampil pincang, Nerrazuri justru berinisiatif melakukan penyerangan di awal laga. Achraf Hakimi berhasil mengecoh Theo Hernandez untuk menguji Gianluigi Donnarumma dengan sebuah tembakan silang.

BACA JUGA: Duh, Robert Alberts Diminati Klub Luar Negeri

fokusjabar.id derby della madonnina ac milan inter
Zlatan Ibrahimovic melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama pada laga Derby della Madonnina kontra Inter Milan, Sabtu (17/10/2020) malam WIB. (FOTO: WIB)

Namun justru Inter Milan kebobolan duluan saat Aleksandar Kolarov melakukan tekel sembrono pada juru gedor Rossoneri, Ibrahimovic di kotak terlarang. AC Milan pun mendapat hadiah penalti dari sang pengadil Maurizio Mariani pada menit 13.

Samir Handanovic yang sebelumnya mengukuhkan sebagai penjaga gawang terbaik di Serie A, tidak bisa berbuat apa-apa meski berhasil menahan tendangan penalti Zlatan Ibrahimovis. Namun tendangan rebound penyerang asal Swedia itu tidak bisa ditahan Handanovic sehingga Rossoneri unggul satu terlebih dulu.

Rossoneri menggandakan keunggulan mereka beberapa saat kemudian melalui serangan balik sempurna. Davide Calabria yang berhasil memotong umpan silang Ivan Perisic memberikannya ke Hakan Calhanoglu yang langsung mengirim ke Rafael Leao ke sisi kiri pertahanan Inter Milan.

Rafael Leao pun memberikan umpan silang matang yang melewati dua pemain bertahan Nerrazuri. Ibrahimovic yang lepas dari kawalan, berhasil menyontek bola yang gagal ditepis Handanovic. AC Milan pun unggul 2-0 saat laga baru berjalan 15 menit.

Inter mencoba untuk merespon ketertinggalan dua gol atas seteru sekotanya. Akhirnya, Nerrazuri berhasil membalas sekaligus menjadi kebobolan pertama bagi AC Milan di musim 2020/2021.

Adalah Romelu Lukaku yang berhasil menjebol gawang AC Milan yang dikawal Donnaruma. Berawal dari pergerakan Ivan Perisic di kanan pertahanan Rossoneri dan berhasil mengirimkan umpan silang mendatar yang disambar Romelu Lukaku dari jarak lima yard.

fokusjabar.id derby della madonnina ac milan inter
Romelu Lukaku menjadi pemain yang pertama kali membobol gawang AC Milan pada Serie A 2020/2021. (FOTO: WEB)

Inter hampir menyamakan kedudukan saat sundulan Lautaro Martinez memanfaatkan umpan silang Hakimi sudah tak mampu dijangkau Donnarumma. Untungnya, Simon Kjaer berhasil menghalau bola melalui sundulan dan mengagalkan upaya Inter.

Donnaruma pun kembali tampil cukup gemilang. Kiper bernomor punggung 99 ini berhasil menahan tembakan Nicolò Barella. Sundulan Lukaku memanfaatkan tendangan sudut pun melebar beberapa inci dari gawang AC Milan.

Pada babak kedua, Inter pun nyaris menyamakan kedudukan. Arturo Vidal yang melepaskan umpan ke tiang jauh berhasil disundul Hakimi. Sayang, sundulannya masih melebar.

Di babak kedua ini, pasukan Stefano Pioli praktis hanya mengandalkan serangan balik. Rade Krunic yang masuk pada menit ke-62 menggantikan Rafael Leao justru menyia-nyiakan kesempatan mencetak gol ketiga bagi Rossoneri setelah tembakannya melanbung diatas mistar gawang.

Inter sendiri mendapat hadiah penalti pada menit ke-74. Namun keputusan menjadi diperdebatkan, karena Donnarumma hanya berusaha melakukan segala kemungkinan untuk menyingkir dan Lukaku membiarkan kakinya tertinggal.

Akhirnya VAR memutuskan dengan menyebut Lukaku sudah berada dalam offside. Pelatih Inter Milan Antonio Conte berpendapat jika Kjaer justru hanya memainkan bola namun bola dianggap memantul ke kaki pemain AC Milan, bukan umpan asli.

Lukaku kembali mengancam gawang Rossoneri di menit akhir laga Derby della Madonnina. Setelah melakukan umpan satu dua dengan Barella, namun sentuhan akhirnya gagal menggetarkan gawang AZ Milan yang dikawal Donnarumma.

Hingga peluit panjang ditiupkan Maurizio Mariani, keunggulan 2-1 tetap bertahan meski Lukaku tetap berusaha menyamakan kedudukan hingga menit terakhir laga. Kemenangan AC Milan atas Inter Milan kali ini menjadi kemenangan perdana mereka dalam Derby della Madonnina sejak Januari 2016.

fokusjabar.id derby della madonnina ac milan inter
Ibrahimovic menjadi pahlawan bagi AC Milan pada laga Derby della Madonnina kontra Inter Milan di Giussepe Meazza, Sabtu malam. (FOTO: WEB)

Susunan Pemain
Inter Milan (3-4-1-2)
Pemain: Samir Handanovic (GK); Danilo D’Ambrosio, Stefan De Vrij, Aleksandar Kolarov; Achfar Hakimi, Arturo Vidal (Alexis Sanchez 83), Marcelo Brozovic (Christian Eriksen 68), Ivan Perisic; Nicolo Barella; Romelu Lukaku, Lautaro Martinez.
Pelatih: Antonio Conte

AC Milan (4-2-3-1)
Pemain: Gianluigi Donnarumma (GK); Davide Calabria, Simon Kjaer, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez; Frank Kessie (Sandro Tonali 87), Ismael Bennacer; Alexis Saelemaekers (Samuel Castillejo 61), Hakan Calhanoglu, Rafael Leao (Rade Krunic 61); Zlatan Ibrahimovic.
Pelatih: Stefano Pioli

Sementara pada laga lainnya pada giornata ke-4 Serie A 2020/2021, Napoli mengalahkan Atalanta dengan skor 4-1. Empat gol Napoli dicetak Napoli Hirving Lozano pada menit 23 dan 27, Matteo Politano pada menit 30 dan Victor Osimhen menit 43, sedangkan satu gol Atalanta dicetak Sam Lammers pada menit 69.

Laga lainnya, Sampdoria berhasil unggul tiga gol atas tamunya Lazio di Luigi Ferraris. . Tiga gol Sampdoria dicetak Fabio Quagliarella menit 32, Tommaso Augello menit 41, dan Mikkel Damsgaard menit 74.

Dengan hasil giornata ke-4, AC Milan untuk sementara memimpin klasemen sementara dengan raihan poin sempurna 12 dari hasil empat kemenangan. Atalanta berada di peringkat kedua dengan nilai 9 dari empat laga dan Napoli membuntuti di posisi ketiga dengan nilai 8 dari empat laga yang telah dijalani.

(Ageng)

Artikel Lainnya

Bupati Ciamis: Awal 2021 RSUD Kawali Harus Beroperasi

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Bupati Ciamis, Jabar, Herdiat Sunarya mengatakan, pembangunan Rumah...

Hasil Swab Covid-19 di Banjar 45 Menit

BANJAR,FOKUSJabar.id: Alat Polymerase Chain Reaction (PCR) Portable sudah tersedia di Kota Banjar, Jabar. Alat tersebut bisa digunakan untuk mempercepat pemeriksaan sample spesimen uji usap...

NPCI Jabar Gelar Seminar Peningkatan Kualitas Tenaga Olah Raga Disabilitas

BANDUNG,FOKUSJabar.id: National Paralympic Committe Of Indonesia (NPCI) Provinsi Jawa Barat terus berupaya meningkatkan kualitas tenaga olahraga disabilitas. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Seminar dan...

HUT Ke-19 Tahun, Wali Kota: Kota Tasikmalaya Makin Maju dan Sejahtera

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman mengapresiasi sekaligus berterimakasih kepada seluruh komponen masyarakat yang terus berperan aktif bersama pemerintah dalam proses pembangunan. Diusia ke-19 tahun,...

Cristiano Ronaldo Positif Covid-19

PORTUGAL,FOKUSJabar.id: Cristiano Ronaldo dinyatakan positif Covid-19. Sang megabintang sepak bola asal Portugal yang kini membela Juventus itu pun dipastikan absen pada lanjutan UEFA Nations...

Dilema Kelanjutan Liga 1 2020, Antara Hasil Kesepakatan dan Izin Polri

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Gelaran kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2020 resmi akan dilanjutkan pada 1 November. Namun dibalik itu, rencana kelanjutan kompetisi...

Netflix Hentikan Layanan Gratis 30 Hari

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Netflix resmi menghentikan layanan uji coba gratis pakai selama 30 hari di Amerika Serikat dan juga bertahap akan diberlakukan untuk negara-negara lain, Kamis...