Rabu 21 Oktober 2020

Ratusan ASN Jalani Pemeriksaan Swab Covid-19

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Meningkatnya kasus positif Covid-19 di sejumlah wilayah di Jawa Barat, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tasikmalaya, menjalani pemeriksaan swab massal di lantai dasar gedung Setda, Jalan Baypass Bojongkoneng Singaparna, Senin (21/9/2020).

Swab massal yang dilakukan oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 itu juga dilakukan, menyusul ditemukannya dua orang tenaga medis di dua puskesmas berbeda di Kabupaten Tasikmalaya, yang dinyatakan positif virus Corona setelah menjalani swab PCR. Meskipun pada swab test kedua, dinyatakan negatif.

asn fokusjabar.id
Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen

Baca Juga: Waspada, Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Meningkat Drastis

ASN yang kerap melakukan perjalanan dinas ke luar kota ini, diperiksa satu persatu oleh petugas medis ber-APD lengkap. Secara bergiliran mereka diambil cairan hidung dan tenggorokan.

“Hari ini ada sekitra 250 ASN di lingkungan Setda yang menjalani swab massal. Target kita sebanyak 500 ASN termasuk nantinya yang ada di lingkungan Sekretariat Dewan (Setwan). Mudah-mudahan dalam tiga hari ke depan target tercapai,” kata Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 sekaligus Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen.

Pemeriksaan Swab massal ini lanjut Zen, dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan Kantor Pemkab Tasikmalaya.

“Kita akan lakukan pemeriksaan swab ini di tempat-tempat layanan publik yang dinilai rawan pergerakan banyak orang, ya seperti di Setda ini. Adapun untuk sampel swabnya ditangani dan diperiksa langsung oleh tim medis RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Mudah-mudahan hasilnya sudah kelihatan minimal besok lusa,” ujar Zen.

asn fokusjabar.id

Ditambahkan, rata-rata kasus pasien terkonfirmasi positif virus Corona di Kabupaten Tasikmalaya ini, merupakan impor case. Hal itu terjadi saat yang bersangkutan berada di luar kota.

Sementra itu, Kasi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya, dr. Reti Ziadewi menyebutkan, untuk hasil pemeriksaan swab massal ini, diperkirakan keluar dari rumah sakita sekitar tiga hingga empat hari ke depan.

“Selain ASN, seluruh anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya juga, nantinya akan menjalani pemeriksaan swab massal,” ujarnya.

(Farhan)

Artikel Lainnya

Thomas Partey Pilih Arsenal Dibanding Juventus dan Chelsea, Ini Alasannya

INGGRIS,FOKUSJabar.id: Arsenal berhasil memboyong salah satu pemain incarannya Thomas...

Startup Aplikasi Chilibeli Berikan Keuntungan untuk Ibu-ibu

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Startup aplikasi perniagaan sosial yang memberdayakan ibu rumah tangga Chilibeli resmi diluncurkan Oktober 2020. Ibu rumah tangga yang berada di Jabodetabek, Surabaya, Bandung,...

Muscab ke-6 BPC PHRI Garut Dipastikan Aklamasi

GARUT,FOKUSJabar.id: Ketua Organizing Committee (OC) Musyawarah Cabang (Muscab) ke VI Badan Pimpinan Cabang Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (BPC PHRI) Garut, Jabar, Fiki Radiansyah...

7 Atlet Pelatda Panahan PON XX Jabar Ikuti Seleknas SEA Games 2021

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Tujuh orang atlet Pelatda Panahan PON XX Jabar mengikuti seleksi nasional (Seleknas) tim panahan Indonesia untuk perhelatan SEA Games 2021. Gelaran seleknas sendiri...

Kanal TV Bandung 132 Dikritisi Legislator

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Layanan akses kanal TV berbasis satelit Bandung 132 gratis bakal dipasa di setiap RT di kota Bandung. Diketahui kanal TV berbasis satelit Bandung 123...

Mengenal 5 Kategori jenis Asuransi Kesehatan Yang Beredar Di Indonesia

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kebutuhan akan biaya kesehatan yang semakin membukit kian membuka mata warga Indonesia akan penggunaan asuransi. Meski terbagi dalam berbagai macam jenis, ternyata tidak...

RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya Ditutup Sementara

TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soekardjo ditutup sementara seiring dengan beberapa tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19. Meski demikian, tidak semua bagian di...