spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Ratusan ASN Jalani Pemeriksaan Swab Covid-19

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Meningkatnya kasus positif Covid-19 di sejumlah wilayah di Jawa Barat, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tasikmalaya, menjalani pemeriksaan swab massal di lantai dasar gedung Setda, Jalan Baypass Bojongkoneng Singaparna, Senin (21/9/2020).

    Swab massal yang dilakukan oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 itu juga dilakukan, menyusul ditemukannya dua orang tenaga medis di dua puskesmas berbeda di Kabupaten Tasikmalaya, yang dinyatakan positif virus Corona setelah menjalani swab PCR. Meskipun pada swab test kedua, dinyatakan negatif.

    asn fokusjabar.id
    Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen

    Baca Juga: Waspada, Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Meningkat Drastis

    ASN yang kerap melakukan perjalanan dinas ke luar kota ini, diperiksa satu persatu oleh petugas medis ber-APD lengkap. Secara bergiliran mereka diambil cairan hidung dan tenggorokan.

    “Hari ini ada sekitra 250 ASN di lingkungan Setda yang menjalani swab massal. Target kita sebanyak 500 ASN termasuk nantinya yang ada di lingkungan Sekretariat Dewan (Setwan). Mudah-mudahan dalam tiga hari ke depan target tercapai,” kata Ketua Harian Tim Gugus Tugas Covid-19 sekaligus Sekda Kabupaten Tasikmalaya, Mohamad Zen.

    Pemeriksaan Swab massal ini lanjut Zen, dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di lingkungan Kantor Pemkab Tasikmalaya.

    “Kita akan lakukan pemeriksaan swab ini di tempat-tempat layanan publik yang dinilai rawan pergerakan banyak orang, ya seperti di Setda ini. Adapun untuk sampel swabnya ditangani dan diperiksa langsung oleh tim medis RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Mudah-mudahan hasilnya sudah kelihatan minimal besok lusa,” ujar Zen.

    asn fokusjabar.id

    Ditambahkan, rata-rata kasus pasien terkonfirmasi positif virus Corona di Kabupaten Tasikmalaya ini, merupakan impor case. Hal itu terjadi saat yang bersangkutan berada di luar kota.

    Sementra itu, Kasi Promosi Kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya, dr. Reti Ziadewi menyebutkan, untuk hasil pemeriksaan swab massal ini, diperkirakan keluar dari rumah sakita sekitar tiga hingga empat hari ke depan.

    “Selain ASN, seluruh anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya juga, nantinya akan menjalani pemeriksaan swab massal,” ujarnya.

    (Farhan)

    Berita Terbaru

    spot_img