spot_img
Jumat 29 Maret 2024
spot_img
More

    Pencegahan Penyebaran Covid-19 Harus Dilakukan Bersama-sama

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menilai penanganan pandemi Covid-19 tidak bisa hanya dilakukan pemerintah. Keterlibatan komunitas dari level terkecil untuk melakukan pengawasan dan disiplin menerapkan protokol kesehatan pun harus dilakukan.

    “Tidak bisa menyelesaikan pandemi ini sendiri, jadi setiap komunitas dibentuk. Harapannya, masalah pandemi ini busa selesai di komunitas itu sendiri,” ujar Yana di GOR Pajajaran, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Jabar, Kamis (17/9/2020).

    Menurutnya, komunitas tidak hanya sekedar berperan melakukan sosialisasi. Namun turut melakukan pengawasan di masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

    “Saya pikir dengan pengawasan di komunitas kecil lebih efektif. Jadi intinya tadi, semua masalah selesai di wilayah terkecil,” kata dia.

    BACA JUGA: BMKG: Intensitas Hujan di Kota Bandung Masih Rendah

    Lebih lanjut Yana mengatakan, kesadaran masyarakat untuk saling mengingatkan penerapan protokol kesehatan berkurang karena sudah jenuh dan lelah. Pihaknya berharap, hal tersebut dilakukan mulai komunitas di level terkecil yakni rukun tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW).

    “Saya pikir orang jenuh dan lelah, sudah tujuh bulan. Pasti ada titik lelah, jenuh, saya ngurus pun malah kena. Tapi kalau dengan komunitas negurnya, lebih enak karena dengan bahasa sama,” Yana menambahkan.

    Yana optimis penanganan Covid-19 di Kota Bandung berjalan antar semua pihak. Sebab, menurutnya, masyarakat Kota Bandung bergotong royong menghadapi pandemi ini.

    Dia pun mengingatkan masyarakat untuk terus memakai masker di masa pandemi untuk mencegah penularan Covid-19. “Meski tidak nyaman namun masyarakat harus terbiasa memakai masker,” kata dia.

    (Yusuf Mugni/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img