spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Tradisi Tempel Kaki Balita Masih Dipercaya Percepat Pertumbuhan

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Tradisi tempel kaki balita masih dijalankan oleh sebagian masyarakat, seperti yang dilakukan oleh warga Cibitung Kelurahan Ciamis Kabuaten Ciamis.

    Seorang ibu membawa anaknya ke depan mesjid, setelah shalat Jumat para jamaah usai yang keluar dari mesjid silih berganti menempelkan kakinya kepada balita tersebut.

    Tradisi Tempel Kaki Balita, Menurut cerita rakyat kaki dari para jamaah yang habis melaksanakan shalat jumat memiliki berkah tersendiri. Diyakini memiliki khasiat untuk mempercepat pertumbuhan balita agar cepat bisa berjalan.

    Tokoh Masyarakat Lingkungan Kertasari Ciamis Ma’mun Iskandar menjelaskan, tradisi tersebut merupakan tradisi dan budaya yang dijalankan orang tua zaman dulu.

    BACA JUGA: Bupati Ciamis Siap Jalani Pemeriksaan BPK Terkait Covid-19

    “Hanya merupakan rutinitas yang diyakini orng-orang zaman dulu, memang dulu belum ada penelitian medis secanggih zaman sekarang, banyak hal yang dilakukan berdasarkan keyakinan dan pengalaman,” kata Ma’mun, Sabtu (12/9/2020).

    Ma’mun menjelaskan, banyak kebiasaan zaman dulu yang masih dilakukan sampai sekarang, sebagai bentuk sosial untuk menghargai tradisi.

    “Banyak masyarakat yang masih melakukan rutinitas tersebut untuk menghargai tradisi, juga sebagai aktifitas yang memiliki makna sosial yang tinggi,” kata Ma’mun.

    (Riza M Irfansyah/Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img