spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Indonesia Targetkan Lolos Divisi Utama Olimpiade Catur Daring 2020

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Indonesia menargetkan lolos hingga divisi utama pada Olimpiade catur daring perdana yang digelar Federasi Catur Internasional (FIDE) bertajuk “FIDE Online Olympiad 2020” dan dilaksanakan melalui laman chess.com pada 25 Juli hingga 30 Agustus.

    “Kalau melihat komposisi lawan-lawan tim Indonesia di pool A, maka kalau kita mampu masuk tiga besar dan lolos ke divisi utama, itu sudah bagus dan membanggakan,” tutur Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto lewat keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (12/08/20).

    Ada 11 pecatur yang akan memperkuat Indonesia dalam turnamen tersebut. Mereka adalah Susanto Megaranto, Yoseph Theolifus Taher, Irene Kharisma Sukandar, Medina Warda Aulia, Gilbert Elroy Tarigan, Ummi Fisabilillah, Novendra Priasmoro, Chelsie Monica Sihite, Diajeng Theresa Singgih, Aditya Bagus Arfan dan Laysa Latifah.

    FIDE Online Olympiad yang menggunakan sistem catur cepat itu diikuti 163 tim dari 162 negara. Jumlah tersebut dibagi ke dalam lima divisi. Tim Indonesia mendapat tempat terhormat di Divisi Dua dan akan mulai bertanding pada 14-16 Agustus 2020.

    BACA JUGA: Mantap, Jamu Indonesia Tembus Arab Saudi

    Divisi Dua dihuni oleh 50 negara yang dibagi lagi menjadi lima pool dengan setiap poolnya terdiri dari 10 negara. Tim Indonesia masuk ke dalam Pool A bersama Jerman, Bulgaria, Belarus, Australia, Belgia, Filipina, Bangladesh, Turkmenistan, dan Kyrgystan.

    Kesepuluh negara tersebut nantinya bakal bertanding dengan format setengah kompetisi atau sembilan babak. Tiga ranking teratas akan promosi ke Divisi Utama dan akan bertanding setengah kompetisi lagi untuk menuju babak final.

    Hari pertama tim Indonesia akan berjumpa tim Turkmenistan pada 14 Agustus mulai pukul 15.00 WIB, lalu dilanjutkan bertemu tim Filipina pada babak kedua pukul 16.00 WIB, sebelum melawan tim Kyrgystan satu jam berselang.

    Pada hari kedua, tim Indonesia akan berjumpa tim Jerman mulai pukul 15.00 WIB; kemudian dilanjutkan bertemu tim Belarus pada babak kelima, dan tim Belgia pada babak keenam.

    Selanjutnya, pada 16 Agustus, Indonesia akan berjumpa tim Australia pada babak ketujuh mulai pukul 15.00 WIB, tim Bulgaria pada babak kedelapan, sebelum bertemu tim Bangladesh pada di babak terakhir.

    (Nendy/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img