spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    AFC Gelar Jejak Pendapat Klub Populer di Indonesia

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Asosiasi sepak bola Asia (AFC) menggelar jejak pendapat terkait klub paling populer di Indonesia. Lima klub di Indonesia masuk dalam pilihan AFC berdasarkan kesuksesan yang diraih di era milenium.

    Dilansir dari laman resmi AFC, gairah masyarakat Indonesia terhadap sepak bola cukup tinggi dan jarang ditemui di belahan negara lain. Stadion di Indonesia pun selalu dipenuhi para supporter untuk mendukung tim kesayangan mereka.

    Tak hanya itu, atmosfer panas dan sengit pun kerap tersaji. Tak hanya di dalam lapangan tapi juga di luar lapangan. Kondisi tersebut terlihat mulai dari ujung barat yang menjadi markas Persiraja Banda Aceh hingga ke wilayah timur tempatnya Persipura Jayapura. Terutama rivalitas tim dan suporter di lima klub pilihan AFC yang masuk dalam jejak pendapat.

    BACA JUGA: Andrea Pirlo Jadi Pelatih Juventus, Gattuso: Dia Dalam Bahaya

    Berikut lima klub yang masuk dalam pilihan AFC dalam jejak pendapat klub paling populer di Indonesia.

    1. Persija Jakarta
    Persija merupakan salah satu klub besar dan populer di Asia Tenggara. Tribun di stadion selalu dipenuhi pendukungnya untuk menciptakan atmosfer yang jarang ditemukan di belahan dunia lain. Tim ini pun dinilai paling sukses dengan 11 gelar juara.

    fokusjabar.id afc klub
    Persija. (FOTO: WEB)

    Dua dari kesuksesan itu diperoleh di era milenium saat menjadi juara pada 2001 setelah berpuasa gelar selama 22 tahun. Tim ibukota ini selanjutnya harus menunggu 17 tahun untuk menjadi juara pada 2018. Persija pun mencatat jumlah penonton terbanyak di Piala AFC yakni 62.198 penonton di laga semi-final zona ASEAN melawan klub Singapura, Home United.

    2. Persib Bandung
    Klub asal Bandung ini memiliki rivalitas tinggi dengan Persija. Pertemuan kedua tim pun sering disebut sebagai derby Indonesia. Sejak era milenium, Persib menggondol tujuh gelar juara. Pertengahan 90-an menjadi era paling sukses bagi Maung Bandung. Terakhir kali Persib mencicipi gelar juara adalah pada 2014.

    fokusjabar.id
    Persib (FOTO: WEB)

    Di kompetisi regional, Persib tampil di kejuaraan klub Asia tahun 1994 dan menembus fase grup Asia Timur. Persib pun berlaga pada Piala AFC 2015 dan menjadi tim tak terkalahkan di fase grup. Namun langkah tim berjuluk Maung Bandung ini akhirnya dihentikan klub Hong Kong, Kitchee SC di babak 16 Besar. Pemain dunia yang pernah memperkuat Persib adalah Michael Essien.

    3. Arema FC
    Klub ini mungkin tidak mempunyai sejarah panjang seperti halnya Persija dan Persib. Klub asal Malang ini menikmati berbagai kesuksesan sejak dibentuk pada akhir 1980-an. Arema menjadi juara dua kali, tampil sebagai kampiun Piala Indonesia dan turnamen Piala Presiden. Torehan itu membuat Arema menjadi salah satu klub besar di Indonesia.

    fokusjabar.id
    Arema FC. (FOTO: WEB)

    Arema pertama kali merasakan gelar juara pada musim 1992/93, dan mengalami sukses besar pada 2005. Mereka kemudian menjadi juara pada 2010, serta menempati posisi runner-up di 2011 dan 2013. Dalam beberapa tahun terakhir, Arema lebih sering berkutat di papan tengah. Mereka merupakan satu dari enam tim Indonesia yang pernah tampil di Liga Champions Asia (LCA), serta satu dari klub Indonesia yang menembus perempat-final Piala AFC.

    4. Persebaya Surabaya
    Persebaya merupakan menjadi rival utama Arema. Menempati peringkat keempat dalam daftar raihan enam gelar juara dan tampil senagai runner-up sebanyak sepuluh kali. Persebaya merupakan salah satu tim tua di Indonesia, dan terakhir kali merasakan gelar juara pada 2004.

    fokusjabar.id
    Persebaya (FOTO: WEB)

    Klub dari kota Surabaya ini pun memenangkan gelar liga di tahun 70-an, 80-an dan 90-an. Setelah beberapa lama tidak dinobatkan sebagai juara, mereka finis di posisi kedua di belakang Bali United pada 20198. Di kompetisi regional, Persebaya tampil di kejuaraan klub Asia 1997/98, namun kandas di babak pertama. Mereka bermain di LCA pada 2005, dan kemenangan 1-0 atas klub Vietnam, Binh Dinh, mempunyai kesan mendalam.

    5. Persipura Jayapura
    Persipura bisa disebut sebagai klub tersukses di Indonesia sejak era milenium. Persipura tampil menjadi juara empat kali dalam satu dekade sejak 2005. Mereka juga menempati posisi runner-up sebanyak tiga kali. Persipura menjadi satu-satunya klub Indonesia yang nyaris bermain di babak final kompetisi Asia.

    fokusjabar.id
    Persipura. (FOTO: WEB)

    Mutiara Hitam pernah tampil di LCA pada 2010. Namun perjalanan paling mengesankan mereka adalah di Piala AFC. Persipura menembus perempat-final dalam debut mereka di 2011, dan babak 16 Besar pada 2015. Torehan tertinggi yang pernah dicapai Persipura adalah lolos ke semi-final tahun 2014 dengan menyingkirkan Kuwait SC, namun dikalahkan Qadsia SC yang akhirnya tampil sebagai juara.

    BACA JUGA: Tumbangkan Napoli, Barcelona Dan Messi Cetak Rekor Baru

    Untuk bisa mengikuti pooling jejak pendapat klub Indonesia terpopuler, Anda bisa membuka tautan ini di laman resmi AFC. Pooling sendiri akan ditutup pada Jumat (14/8/2020) sekitar pukul 15.00 WIB.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img