spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Pendemi Covid-19, Penjual Bendera di Ciamis Sepi Pembeli

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia, para penjual bendera sudah mulai membuka lapak di beberapa ruas Jalan Raya Ciamis, Jawa Barat. 

    Salah satunya di jalur Jalan  Iwa Koesumasomantri, tepatnya di depan Islamic Center Ciamis. 

    Penjual Bendera asal Desa/Kecamatan Cijeungjing, Yana mengatakan, penjualan tahun 2020 lesu lantaran pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). 

    Baca Juga: Pilkades Serentak Ciamis, 845 Personil Polisi Disiagakan

    “Saat ini masyarakat dihadapkan dengan dilema terkait penyelenggaraan pesta kemerdekaan ditengah pandemi Covid-19. Salah satunya budaya rutin yakni menghias lingkungan dengan ornamen Merah Putih,” kata dia. 

    “Biasanya dalam satu hari, pembeli bisa enam sampai sepuluh orang. Tahun ini, lima orang pembeli saja sudah syukur,” kata Yana menambahkan,  Jumat (7/8/2020).

    Yana mengatakan, dia bersama adiknya mengeluarkan modal sebesar Rp32 juta.

    “Saya dan adik saya belanja sekitar Rp. 32 juta, dijualnya di tempat yang berbeda. Saya jualan di sini,” kata Yana. 

    Yana menambahkan, keuntungan dari penjualannya jelang hari kemerdekaan memang menggiurkan. Dari modal Rp20 jut, keuntungannya Rp8 juta selama dua minggu. 

    “Saya sudah lima tahun berjualan bendera, keuntungan lumayan.  Dari tanggal 1 sampai 16 agustus sudah habis balik modal dan dapat untung,” katanya.

    Yana sendiri keseharian berprofesi sebagai petani,  namun setiap tahun berjualan bendera karena omzet yang menjanjikan. 

    “Untuk tahun ini, saya belum tahu keuntungannya karena pendemi Covid-19. Meski demikian, kami tidak terlalu khawatir, bendera kan tidak basi, jadi bisa dijual kembali tahun depan,” kata Yana. 

    (Riza M Irfansyah/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img