spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Ratusan Hewan Kurban di Ciamis Tak Layak Disembelih untuk Idul Adha

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ciamis melakukan pemeriksaan hewan kurban untuk memastikan kesehatan dan kelayakannya. Pemeriksaan dilakukan terhadap ribuan hewan kurban terdiri dari sapi, domba dan kambing.

    Kepala Disnakan Ciamis Syarif Nurhidayat mengatakan, tim yang dibentuk sudah melakukan pemeriksaan terhadap 2.610 hewan kurban yang diperjualbelikan di wilayah Ciamis. Pemeriksaan untuk memastikan hewan kurban yang akan disembelih sudah layak secara umur dan sehat.

    “Dari 2.610 hewan kurban yang sudah diperiksa, baik dari sisi kesehatan maupun umurnya untuk menjadi hewan kurban, sekitar 902 tidak layak disembelih. Selain belum cukup umur juga tidak memenuhi syarat kesehatan dari hewan tersebut. Kami akan terus melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban sebelum dan sesudah disembelih saat Idul Adha,” ujar Syarif, Senin (27/7/2020).

    BACA JUGA: Wisata Air Ciharus Tawarkan Sensasi Renang di alam Terbuka

    Bagi hewan kurban yang lolos dari pemeriksaan, lanjut Syarif, akan diberikan tanda layak untuk disembelih pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriyah. Sedangkan bagi yang tidak lolos dalam pemeriksaan, tidak akan mendapatkan tanda tersebut sehingga masyarakat bisa mengetahui hewan kurban yang layak atau tidak.

    “Insya Alloh, masyarakat sudah paham, harus membeli hewan kurban yang mana,” kata Syarif menambahkan.

    Syarif pun mengimbau panitia kurban untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat melakukan penyembelihan hewan kurban. Diantaranya dengan menyediakan tempat cuci tangan di sekitar lingkungan penyembelihan.

    “Para panitia pun harus selalu menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Jangan berkerumun,” kata dia.

     

    (Husen Maharaja/Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img