spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    5 Pilihan Olahraga di Rumah Saat Pandemi Virus Corona

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Melakukan aktivitas olahraga di rumah menjadi pilihan paling bijak selama pandemi virus corona. Terlebih, berolahraga merupakan salah satu hal penting dilakukan di saat pandemi untuk menjaga kesehatan, meningkatkan daya tahan serta imunitas tubuh.

    Beberapa peneliti menyebut jika gym dan pusat fasilitas olahraga bisa menjadi salah satu tempat paling rawan penyebaran virus corona. Kondisi gym yang sehingga lembab karena penuh keringat akan memudahkan virus corona menyebar, ditambah dengan penggunaan alat-alat di gym yang dipakai bersamaan.

    Untuk itu, olahraga di rumah menjadi pilihan bijak. Meski tidak memiliki peralatan olahraga selengkap di gym atau di pusat fasilitas olahraga, namun bukan berarti olahraga di rumah tidak bisa membuat Anda berkeringat layaknya di gym.

    BACA JUGA: Beras Hitam, Beras Terlarang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

    Banyak pilihan jenis olahraga yang bisa dilakukan dirumah dan bisa membuat Anda berkeringat, sekaligus mengurasi resiko terpapar virus corona. Berikut beberapa pilihan jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah melansir sehatq.com

    1. Olahraga kardio
    Kardio adalah jenis olahraga di rumah yang efektif membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Olahraga ini menjadi pilihan pertama berolahraga selama masa darurat virus corona.

    fokusjabar.id olahraga di rumah
    Salah satu jenis olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah. (FOTO: WEB)

    Berjalan di treadmill dengan kecepatan tertentu menjadi salah satu olahraga kardio yang mudah dilakukan. Jika tak memiliki treadmill di rumah, pilihan olahraga kardio lain bisa menjadi opsinya. Salah satunya berjalan kaki di halaman depan rumah saja atau melakukan lompat tali yang masuk dalam golongan olahraga kardio yang bisa dilakukan di rumah.

    Tapi jika Anda belum terbiasa, lakukan secara perlahan untuk menghindari cedera.

    2. Yoga
    Meski gerakan yoga terlihat mudah, tapi jangan menganggap remeh jenis olahraga ini. Bagi yang pernah mencoba yoga, pasti tahu efektivitasnya dalam membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat.

    Yoga tidak hanya bermanfaat pada kesehatan fisik, tapi juga mental. Beberapa manfaat yoga seperti menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan, memperkuat energi dan vitalitas, bisa menguntungkan Anda selama masa darurat virus corona.

    fokusjabar.id olahraga di rumah
    Yoga. (FOTO: WEB)

    Tak hanya itu, yoga pun memiliki manfaat untuk kesehatan mental yakni mencegah stres dan meningkatkan rasa damai dalam pikiran yang penat. Bagi Anda yang merasa takut dan cemas akan virus corona, melatih kemampuan yoga di rumah bisa menjadi solusinya.

    3. Aerobik
    Olahraga aerobik menjadi opsi yang cukup menarik untuk dilakukan di rumah. Salah satunya yakni zumba.

    Dalam kondisi normal, instruktur olahraga aerobik, biasanya, berada di hadapan Anda selama sesi berlangsung. Namun, karena darurat virus corona yang membuat banyak orang memilih tetap di rumah, maka carilah instruktur online.

    fokusjabar.id olahraga di rumah
    Aerobik. (FOTO: WEB)

    Di Spanyol, seorang instruktur senam rela mengajak orang-orang di sekitarnya untuk olahraga. Dari atas gedung, dia memimpin gerakan senam yang kemudian diikuti warga Spanyol yang semangat berolahraga di balkon rumahnya masing-masing.

    Sama seperti yoga, olahraga aerobik pun bisa meredakan gejala depresi dan gangguan cemas. Tidak menutup kemungkinan diakibatkan wabah virus corona. Bahkan dalam beberapa studi, aerobik berhasil mengurangi gejala pada penderita depresi dan gangguan cemas.

    4. Menari
    Penelitian membuktikan, menari tergolong sebagai olahraga karena bisa meningkatkan ketahanan dan kekuatan tubuh. Dengan menari, tubuh menjadi lebih aktif dan terus bergerak.

    fokusjabar.id olahraga di rumah
    Menari. (Ilustrasi/WEB)

    Namun ingat, jangan memaksakan diri, terutama jika Anda seorang pemula yang baru memulai menari sebagai pilihan olahraga di rumah.

    5. Push-up
    Pilihan olahraga di rumah yang satu ini bisa dibilang yang paling mudah. Pasalnya tidak memerlukan alat apa-apa dan hanya memanfaatkan berat badan Anda.

    fokusjabar.id olahraga di rumah
    Push up. (FOTO: WEB)

    Jika Anda ingin memperkuat badan bagian atas seperti bagian dada, push up adalah olahraga yang tepat. Lakukan push up setiap hari, dan lihatlah perbedaan pada bentuk dada Anda yang berpotensi menjadi lebih bidang.

    Dengan pilihan lima jenis olahraga di rumah tersebut, jangan beralasan jika Anda tidak bisa berolahraga. Pasalnya, berolahraga selama masa darurat virus corona adalah hal penting yang bisa dilakukan untuk mencegah diri Anda dari penyakit. Salah satunya virus corona.

    Berolahraga pun menjadi salah satu cara populer memperkuat sistem imun tubuh kita. Apalagi di masa darurat virus corona ini, dimana kita semua sangat memerlukan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

    fokusjabar.id olahraga di rumah
    Ilustrasi. (FOTO: WEB)

    Namun jika rasa malas mulai menyerang, beberapa tips bisa diterapkan agar tetap bisa melakukan aktivitas olahraga di rumah untuk mencegah virus corona.

    – Tantanglah diri Anda untuk berolahraga di rumah. Dengan merasa tertantang, motivasi untuk berkeringat dan bugar akan terus ada. Gunakanlah internet untuk mencari tahu gerakan-gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Kalau perlu, cari instruktur olahraga online yang bisa membantu Anda.
    – Carilah teman olahraga, bisa pasangan atau keluarga yang sedang ada di rumah.
    – Buat jadwal olahraga yang membuat Anda bisa fokus dan berkomitmen dalam menjaga kebugaran.
    – Tetapkan tujuan, seperti menurunkan berat badan 3-5 kg, selama olahraga di rumah. Dengan begitu, Anda jadi lebih semangat dalam berolahraga.

    fokusjabar.id olahraga
    Partner olahraga. (FOTO: WEB)

    Selain itu, penting untuk selalu menanamkan pikiran positif dalam menghadapi masa pandemi virus corona berlangsung. Jangan berkecil hati karena rutinitas fitnes, lari, training, ataupun olahraga lain yang biasa Anda ikuti dibatalkan selama masa pandemi ini.

    Dalam situasi inilah, justru Anda dapat menemukan beragam jenis pelatihan yang dapat dilakukan mandiri di rumah. Dari pada berpikir negatif tentang situasi yang Anda hadapi, sebaiknya berpikirlah positif agar solusi yang ada dapat terlaksana dengan baik.

    Jangan ragu untuk berkeringat selama berada di rumah. Ingatlah, olahraga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan banyak virus yang bisa menyerang jika sistem imun lemah.

    Karena itu, yuk kita rutin olahraga!

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img