spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Charta Politika: Emil Ungguli Ganjar Pranowo Dalam Penangan Covid-19

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Hasil survei opini publik dari Charta Politika menunjukan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) unggul dalam penanganan pandemi virus corona, dibandingkan dengan kepala daerah lain seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

    Emil mendapatakan 15,6 persen dalam pertanyaan terebuka (Top of mind) dalam survei, posisi kedua dalam pertanyaan yang sama diduduki oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 13,4 persen, yang disusul oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 11,8 persen, sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menduduki posisi terbawah dengan mendapatkan 5,1 persen.

    Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menjelaskan, dilihat dari tren elektabilitasnya, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo mendapat kenaikan paling besar dalam tiga bulan terakhir.

    Elektabilitas orang nomor satu di Jawa Barat itu pada bulan Mei baru 7,2 persen, pada bulan Juli naik menjadi 10,1 persen. Sedangkan Ganjar Pranowo di bulan Mei elektabilitasnya 13,3 persen, naik menjadi 15,9 persen di bulan Juli.

    “Nampaknya penanganan pandemi ini menjadi panggung besar untuk Emil dan Ganjar,” kata Yunarto, Rabu (22/7/2020).

    BACA JUGA: Emil Minta Oded Gelar Tes Covid-19 Masif

    Diketahui beberapa kepala daerah saat ini tengah digadang-gadang untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penilaian publik terhadap kinerja kepala daerah dalam penanganan virus corona ini, sejalan dengan tren peningkatan elektabilitas kepala daerah tersebut sebagai sebagai sosok calon presiden.

    Survei dilakukan Charta Politika melalui telepon, dengan sampel sebanyak 2.000 responden yang dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak tatap muka yang pernah dilakukan Charta Politika dalam dua tahun terakhir. Menggunakan asumsi simple random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error MoE) +- 2,19% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%.

    (Antik)

    Berita Terbaru

    spot_img