Minggu 20 September 2020

Soal Gaji ke-13 PNS Ini Kata Sri Mulyani

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Terkait pencairan gaji ke-13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati belum dapat memastikan waktunya. Alasannya, dia akan melihat secara keseluruhan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

“Jadi nanti kita lihat untuk gaji ke-13,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa di Jakarta, Senin (20/7/2020).

Sri Mulyani mengatakan pihaknya masih akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan APBN 2020 yang kini difokuskan untuk penanganan dampak pandemi virus corona.

Tak hanya itu, ia menuturkan masih mencari cara untuk mengeksekusi pencairan gaji ke-13 dengan tetap menggunakan anggaran negara secara maksimal.

BACA JUGA: UMKM Terima Bantuan Rp1,4 M dari Jasa Marga

“Kita melihat keseluruhan cara kita untuk mengeksekusi, jadi dalam hal ini, kita akan terus melakukan evaluasi bagaimana menggunakan anggaran negara semaksimal mungkin,” kata dia.

Pada awal April 2020, Menkeu menjanjikan tidak ada kendala dalam pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 karena anggarannya telah disediakan.

Untuk THR telah dicarikan pada Mei seiring perayaan Lebaran dengan ketentuan hanya diberikan kepada ASN jabatan Eselon III ke bawah. Termasuk jabatan fungsional setara Eselon III.

Di sisi lain, kondisi saat ini berbeda mengingat penyebaran virus corona semakin masif sehingga membutuhkan belanja penanganan lebih besar yakni mencapai Rp695,2 trilyun.

Sementara pendapatan negara diprediksikan terkontraksi hingga 10 persen yaitu Rp1.699,9 trilyun dalam target perubahan APBN pada Perpres 72/2020 dan defisit diperlebar dari 5,07 persen menjadi 6,34 persen.

(Ageng/ANT)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Pengamanan Pilkada Mengacu pada Protokol Kesehatan

TASIKMALAYA, FOKUSJabar.id: Jelang Pilkada serentak 9 Desember 2020, Polres...

Saham Inggris Rebound, FTSE Melonjak 1,32 Persen

LONDON,FOKUSJabar.id: Saham-saham Inggris berakhir lebih tinggi pada perdagangan Selasa (15/9/2020) kemarin, rebound dari penurunan sehari sebelumnya, dengan indeks acuan FTSE 100 di Bursa Efek London...

KPK Periksa 4 Orang Saksi Kasus Suap MA

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Plt Juru Bicara (Jubir) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri mengatakan, penyidik telah mengonfirmasi saksi Nurfaizah dari unsur swasta terkait kepemilikan mobil milik...

Positif Corona, Camat Kelapa Gading Meninggal Dunia

JAKARTA,FOKUSJabar.id: M Hermawan, Camat Kelapa Gading, Jakarta Utara meninggal dunia, Sabtu (19/9/2020). Almarhum dikabarkan positif Covid-19. M Hermawan wafat pada pukul 11.50 WIB di Rumah...

Victor Igbonefo Nilai Positif 4 Pemain Diklat Persib

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Bek Persib Bandung, Victor Igbonefo, menilai positif empat pemain U-20 dari Diklat Persib (Kakang Rudianto, Ardi Maulana, Saiful dan Ravil Shandyka Putra).  Menurut Victor...

Butik Mukena Siti Khadijah Hadir di 4 Kota di Indonesia

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Mukena Siti Khadijah (SK) kini hadir di Indonesia dengan membuka empat butik. Merek mukena asal Malaysia ini hadir di Jakarta, Pekan Baru, Bandung,...

Polda Aceh Tetapkan Manajer PT KAI Tersangka Serifikat Tanah

BANDA ACEH,FOKUSJabar.id: Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono mengatakan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus menetapkan Manajer Aset PT Kereta Api Indonesia (KAI) berinisial...