spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Sambut Piala Dunia U-20, Palembang Siapkan 4 Destinasi Unggulan

    PALEMBANG, FOKUSJabar.id: Menyambut gelaran Piala Dunia U-20 2021, Pemerintah Kota Palembang menyiapkan empat destinasi unggulan. Baik yang baru dibangun maupun hasil penataan ulang.

    Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Palembang, Isnaini Madani mengatakan, empat destinasi itu berada di kawasan Restorasi Sungai Sekanak-Lambidaro, Pasar Durian Kuto, Taman Publik POM IX, dan Lawang Borotan. Sementara, gelaran Piala Dunia U-20 akan terpusat di Komplek Olaharga Jakabaring.

    “Kami akan mempersiapkan destinasi wisata sebaik mungkin agar wisatawan yang datang dapat berkunjung kembali ke Kota Palembang,” ujar Isnaini.

    Menurut dia, penataan destinasi amat penting agar wisatawan dapat menikmati Kota Palembang dari banyak sisi. Tidak hanya keindahan, namun utamanya sejarah serta budaya.

    Pemkot tidak merasa kesulitan mempersiapkan destinasi tersebut karena telah memiliki pengalaman dari event-event internasional sebelumnya. Seperti SEA Games 2011 dan Asian Games 2018.

    Pasar Durian Kuto, Taman Publik IX dan Lawang Borotan secara fisik sudah selesai dan hanya tinggal penataan. Sedangkan kawasan Restorasi Sekanak Lambidaro yang menjadi proyek mandatori Kementrian PUPR secara fisik baru menyelesaikan area Sekanak.

    BACA JUGA: 6 Stadion Direkomen untuk Piala Dunia U-20, PSSI: FIFA yang Tentukan 

    Selain empat destinasi tersebut, Dispar Palembang pun akan menambah lokasi serta fitur-fitur swafoto bagi wisatawan sebagai salah satu prospek menjanjikan untuk menarik lebih banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

    “Masih banyak yang kami siapkan, tunggu saja kejutannya,” tambah Isnaini.

    Gelaran piala dunia U-20 sendiri diperkirakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19 juga mendatangkan persoalan tersendiri karena stgima yang berkembang membuat masyarakat masih takut berwisata. Untuk itu, pihaknya berupaya memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat.

    “Saat ini kami mulai mengecek berbagai lokasi wisata untuk memastikan protokol kesehatan berjalan baik, karena sektor pariwisata dan perhotelan pasca PSBB mulai bergejolak lagi,” tegasnya.

    Seperti diketahui, PSSI sudah merekomendasi enam stadion kepada FIFA untuk gelaran Piala Dunia U-20 pada tahun 2021. Keenam stadion tersebut yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

    (ars/ant)

    Berita Terbaru

    spot_img