spot_img
Selasa 23 April 2024
spot_img
More

    Curug Gumawang, Potensi Wisata Alam Andalan Desa Banjaranyar

    CIAMIS, FOKUSJabar.id: Curug Gumawang yang berlokasi di Desa/Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyimpan potensi wisata keindahan alam yang bisa dikembangkan. Meski baru di buka hitungan hari, objek wisata tersebut sudah banyak dikunjungi wisatawan.
    Para wisatawan akan disuguhi pemandangan alam hutan belantara yang masih asri dengan gemuruh air terjun saat mengunjungi air terjun (curug, bahasa Sunda) tersebut. ‘Suara alam’ yang disuguhkan akan membuat suasana hati menjadi tenang.
    Spot swafoto pun sudah banyak didirikan di sekitar Curug Gumawang, meski belum permanen. Para wisatawan pun bisa mengabadikan moment indah dengan berlatar belakang keindahan alam pegunungan maupun curug.
    Pelaksana UPT Pelayan Hasil Hutan Jabar, Heri Kuswanto menuturkan, Curug Gumawang mulai dibuka sebagai salah satu destinasi wisata karena memiliki potensi alam yang indah dan bisa dikembangkan.
    “Kami warga masyarakat bersama Pemdes Banjaranyar membuka lokasi ini secara bergotongroyong,” ujar Heri, Jumat (10/7/2020).
    Heri menuturkan, sudah 12 hari pihaknya terus melakukan penataan di lingkungan Curug Gumawang. Hal tersebut dilakukan agar para pengunjung makin betah dan nyaman saat menikmati suasana alam pegunungan dan keindahan curug tersebut.
    “Warung untuk kebutuhan pengunjung sudah tersedia sehingga memudahkan pengunjung untuk sekedar membeli makanan dan minuman,” terangnya.
    Selain lokasi Curug Gumawang, hal lain yang bisa ditemui para wisatawan yakni budidaya lebah yang dikembangkan warga Desa Banjaranyar. Wisatawan pun bisa menikmati manisnya madu yang diambil langsung dari sarangnya sebelum tiba di lokasi curug.
    “Daerah kami memang terkenal dengan Kampung Madu sehingga pelancong bisa mengambil banyak pilihan dalam melakukan perjalanan wisata kesini,” tegasnya.
    Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis, Endang Haris Juanda mengakui jika potensi pariwisata di Desa Banjaranyar bisa menjadi andalan pariwisata Kabupaten Ciamis.
    “Curug Gumawang ini sudah layak dijual meski baru ditata sehingga pihak kami pun berani mempromosikan keindahan Curug Gumawang sebagai destinasi wisata alam yang harus dikunjungi,” pungkasnya.
    (Husen Maharaja/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img