spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    Hingga Akhir Desember 2020, Stok Pangan di Kulon Progo DIY Aman

    KULON PROGO, FOKUSJabar.id: Hingga akhir Desember 2020, stok bahan pangan di Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) aman. Untuk itu, masyarakat diimbau tidak khawatir.

    Hal itu menurut Bupati Kulon Progo, Sutedjo berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta OPD lainnya untuk memetakan ketersediaan pangan dalam mengahadapi pandemi virus Corona.

    “Stok beras surplus 34 ribu ton. Sayur-sayuran (cabai, terung, kacang panjang hingga kangkung hampir panen setiap hari, khususnya di kawasan lahan pesisir. Masyarakat jangan khawatir,” kata Sutedjo di Kulon Progo, Senin (25/5/2020).

    BACA JUGA : Tekuk DIY, Sepakbola Jabar Melaju ke Semifinal Popnas XIV

    Tak hanya itu, produsen ayam potong dan ayam petulur sangat mencukupi kebutuhan pangan, Pun produksi Ikan Lele sangat tinggi sehingga mampu mencukupi kebutuhan wilayah DIY.

    “Kami pastikan stok pangan di Kabupaten Kulon Progo aman hingga akhir tahun ini. Dengan begitu, dari sisi ketahanan pangan, kami optimistis mampu menghadapi pandemi Corona Virus Disease (Covid-19),” ungkap Bupati.

    Meski begitu, Bupati mengimbau masyarakat tetap memanfaatkan pekarangan untuk ditanami sayuran atau budi daya Ikan Lele dan ayam untuk mencukupi kebutuhan pangan agar ketersediaan bahan  pangan lebih aman.

    “Hadapi Covid-19 dalam sisi ketahanan pangan, tentu peran masyarakat sangat dibutuhkan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk ditanami kebutuhan sehari-hari,” imbuhnya.

    (Bam’s/Ant)

    Berita Terbaru

    spot_img