spot_img
Kamis 28 Maret 2024
spot_img
More

    Awas, Jangan Gunakan Nama Untuk Pasword Akun

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Password atau kata sandi seringkali dibutuhkan saat kita membuat sebuah akun, baik kebutuhan media sosial maupun belanja online. Namun, jangan sekali-kali gunakan nama untuk password akun kalian karena sangat berbahaya.

    Berdasarkan analisis perusahaan cybersecurity ID Agent sebagaimana dikutip Mashable, Sabtu (9/5/2020), pihaknya menemukan banyak password yang menggunakan nama. Misalnya nama kota, band, tim olahraga, atau nama pemilik akun sendiri.

    Kesimpulan ID Agent tersebut tak lepas setelah mereka melihat penyebaran dua miliar kata sandi yang dibagikan di dark web. Mereka menemukan banyak kesamaan password yang dicuri pelaku tindak kejahatan, yaitu sebuah nama.

    BACA JUGA: Geram Lihat Orang Tak Gunakan Masker, Pria AS Ancam akan Tembak Massal

    Disebutkan, kebanyakan dari sebuah akun itu, password-nya menggunakan nama kata depan atau nama kota lahir. Hal itu merupakan pilihan yang salah, sehingga dapat mudah dibobol hacker. Begitu juga untuk akun anonim, dimana hacker memungkinkan menelusuri hingga profile media sosial kalian.

    Nama George menjadi nama yang sering dipakai sebagai kata sandi. Setelah itu ada Michael, Hunter, Charlotte, dan Matthew.

    Untuk nama kota yang sering dijadikan password yakni Dallas. Sedangkan nama band, seperti The Beatles, Blink 182, Rush, dan Blondie. Sedangkan, tim olahraga yang dibuat ‘benteng pertahanan’ akun itu Yankess, Steelers, Eagles, dan Red Sox.

    Bahkan, tokoh-tokoh kartun atau superhero tak sedikit yang memanfaatkannya untuk melindungi sebuah akun. Sebut saja Tigger, Snoopy, Mickey, Superman, Doraemon, Dragonz ballz dan Batman yang paling umum dipakai.

    Selama pandemi Corona ini, banyak serangan siber untuk mengambil keuntungan untuk mencuri informasi pribadi. Jadi, ada baiknya meluangkan waktu dan evaluasi kembali pilihan password akun, sudah tepat atau masih mudah ditebak.

     

     

    (Nendy/ars)

    Berita Terbaru

    spot_img