spot_img
Kamis 25 April 2024
spot_img
More

    Dishub Kota Bandung Bakal Jadikan Jalan Braga Bebas Kawasan Parkir

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Jalan Braga memiliki jajaran ruang heritage yang masih asli dan terawat. Tak heran, jika jalan tersebut menjadi salah satu kawasan yang diunggulkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk dijadikan daya tarik wisata.

    Untuk mendukung upaya tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung rencananya akan menjadikan Jalan ini sebagai kawasan bebas parkir.

    Kadishub Kota Bandung, Ricky Gustiadi mengatakan, pihaknya akan membuat kawasan Jalan ramah untuk walking space.

    BACA JUGA: Hasil Uji Lab, Permen Jari Tak Terbukti Sebabkan Anak Keracunan

    “ Kebijakan Kepala Daerah untuk ikon Kota Bandung itu harus walking space, sehingga ada ruang heritage yang memang diunggulkan Pemkot Bandung sebagai tujuan wisata,” ucap Ricky di Balai Kota Bandung, Rabu (15/1/2020).

    Rencana tersebut telah dibahas bersama instansi-instansi terkait dalam forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dan segera ditetapkan.

    Ricky mengatakan, lokasi yang biasanya dijadikan ruang parkir di sepanjang Jalan ini nantinya akan dikosongkan.

    Menurutnya, untuk pelaksanaan di lapangan rencananya akan dipimpin langsung oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Februari atau Maret mendatang.

    “ Rapat selanjutnya tinggal dibuatkan rencana pelaksanan di lapangan yang akan dipimpin Pak Wakil Wali Kota. Kalau bisa, Februari atau Maret mudah-mudahan bisa dilaksanakan,” jelasnya.

    Selain pengosongan parkir, upaya pemindahan mesin dan juru parkir (jukir) pun tengah dikaji. Pihaknya akan menyiapkan lokasi-lokasi alternatif sebagai tempat limpahan parkir dari Jalan Braga Panjang.

    “Ada Braga Citywalk, samping Hotel Kedaton, mungkin nanti di sekitaran situ limpahannya,” terang Ricky.

    Menurut Ricky, saat ini kondisi Jalan Braga penuh sesak kendaraan yang melintas maupun yang parkir. Jika rencana tersebut sudah ditetapkan, kondisi Jalan Braga akan benar-benar bebas dari parkir, sehingga ramah untuk dijadikan walking space.

    ” Kendaraan yang kedapatan parkir di sepanjang Jalan Braga nanti akan mendapatkan sanksi. Seperti diderek,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img