Sabtu 26 September 2020

Mulai Pelatda PON XX, PABBSI Jabar Potong Tumpeng

BANDUNG, FOKUSJabar.id : Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Angkat Berat, Angkat Besi, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Jawa Barat menggelar potong tumpeng sebagai tanda dimulainya pelaksanaan Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON XX Jabar. Potong tumpeng dilakukan Wakil Ketua II KONI Jabar, Verdia Yosep di GOR PABBSI Jabar, Jalan Pajajaran Kota Bandung, Senin (13/1/2020).

PABBSI Jabar membawahi tiga sub-cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON XX tahun 2020 di Papua. Yakni angkat berat, angkat besi, dan binaraga.

Ketiga cabang olahraga tersebut merupakan andalan Jabar di berbagai perhelatan, termasuk PON. Sebelumnya di PON XIX tahun 2016, Jabar berhasil meraih total 13 medali emas, 10 perak, dan 3 perunggu. Dengan rincian angkat besi meraih 5 medali emas, 4 perak, dan 1 perunggu, lalu angkat berat dengan raihan 5 medali emas, 5 perak, dan 2 perunggu, serta binaraga sebanyak 3 medali emas dan 1 perak.

Ketua Umum Pengprov PABBSI Jabar, Sugito mengatakan, mulai hari ini pelaksanaan Pelatda PON XX di tiga cabang olahraga dibawah PABBSI dengan total 29 atlet dan 8 pelatih digelar. Dengan rincian 14 atlet dan 3 pelatih di angkat berat, angkat besi sebanyak 12 atlet dan 3 pelatih, serta binaraga sebanyak 3 atlet dan 2 pelatih.

“Kami, PABBSI Jabar akan jalani serius pelatda ini untuk mencetak prestasi di PON XX nanti. Minimal apa yang sudah diraih pada babak kualifikasi bisa dipertahankan saat gelaran PON XX dilaksanakan di Papua,” ujar Sugito didampingi Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres) Pengprov PABBSI Jabar, Edi Kusmawan, Senin (13/1/2020).

Pada babak kualifikasi PON XX, cabang olahraga dibawah PABBSI Jabar berhasil meraih 10 medali emas. Yakni di cabang olahraga angkat berat sebanyak 5 medali emas, angkat besi sebanyak 4 medali emas, dan binaraga sebanyak 1 medali emas.

“Apa yang diraih di babak kualifikasi, minus satu medali emas dari target yang diminta KONI Jabar yakni 5 medali emas di angkat besi dan angkat berat, serta satu medali emas di binaraga,” tambahnya.

Selain untuk mengejar target pencapaian medali di PON XX, pelaksanaan pelatda pun diharapkan bisa membuat pengurus, pelatih dan atlet semakin kompak. Kita sebagai pengurus yang baru mendapatkan SK pada 19 Desember 2019 lalu, ingin menerapkan konsep keterbukaan.

“Jangan sampai ada dusta diantara kita. Kita terbuka segalanya dan apa yang diberikan KONI Jabar akan digunakan semaksimal mungkin untuk kelancaran pelaksanaan pelatda ini,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pengprov PABBSI Jabar pun memberikan bonus bagi para atlet dan pelatih berprestasi di tiga cabang olahraga. Yakni bagi M Yusuf, Susi Susanti, dan pelatih Usdi Permana dari cabang angkat berat, Windy Cantika dan pelatih Jajang dari cabang angkat besi, serta Willy Rahmadita, Anton Tjarmiaji dan pelatih Beny Cipta Wijaya dari cabang binaraga.

 

(ageng)

Artikel Lainnya

Ini 7 Drakor Horor Paling Menyeramkan

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Korea Selatan ternyata memiliki segudang judul drama korea...

Rudy Nyatakan Kabupaten Garut Darurat Covid-19

GARUT,FOKUSJabar.id: Penyebaran virus Corona (Covid-19) terus mengalami peningkatan di Kabupaten Garut dalam per hari. Tercatat, pada hari ini, di satu kampung sebanyak 21 orang...

Kayu Kuning Berkhasiat Sembuhkan Berbagai Penyakit

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kayu Kuning (Cuani) dipercaya banyak khasiatnya untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Demikian dikatakan pedagang Kayu Kuning, Abun. Menurut dia, tumbuhan ini sulit didapat...

Terpapar Corona, Putra Wali Kota Jambi Meninggal

JAMBI,FOKUSJabar.id: M Fabiansyah, Putra Wali Kota Jambi Syarif Fasha dikabarkan meninggal dunia, Senin (21/9/2020). Kabar duka tersebut pertama kali kali tersiar saat disampaikan di group...

Hasil Uji Lab, Permen Jari Tak Terbukti Sebabkan Anak Keracunan

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Seorang anak meninggal diduga keracunan akibat permen jari di Ciamis. Sedangkan dua orang lainnya harus menjalani perawatan di RSUD Ciamis. Hasil uji laboratorium permen...

Soal Beras BPNT Berkutu di Lumbung Ciamis, Ini Kata Distributor

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kabupaten Ciamis, Jabar sempat dihebohkan dengan adanya temuan beras berkutu program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kecamatan Lumbung.  Terkait...

Ini Dia Karomah Makam Raden Syeh H Abdul Wajah Ciamis

CIAMIS,FOKUSJabar.id: Makam Waliyullah Raden Syeh H Abdul Wajah yang berlokasi di Gunungsari, Desa Panyingkiran, Kecamatan/Kabupaten Ciamis, Jabar, setiap malam Jumat Kliwon ramai dikunjungi para...