spot_img
Jumat 19 April 2024
spot_img
More

    Ketua Fraksi Demokrat DPRD Garut: 3 Potensi Wisata bisa Dikembangkan di Desa Sukaluyu

    GARUT,FOKUSJabar.id: Tahun 2020, kawasan Bumi Cibatu Agung (BCA), tanah carik Desa Sukaluyu, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut bakal dibangun tempat wisata “ Kebun Mawar.“

    Ketua Fraksi Demokrat (tengah) saat menijau lokasi wisata di Desa Sukaluyu (Foto Andian)

    Rencana tersebut sudah menyebar dan didengar para wakil rakyat di DPRD Garut. Salah satunya, Ketua Fraksi Demokrat, Cucu Suhendar. Dia langsung blusukan menuju kawasan BCA, Sabtu (28/9/2019).

    Baca Juga: Hoax! 1 Orang Pegawai Setwan Garut Positif Covid-19

    ” Setelah saya lihat, Sukaluyu berpotensi menjadi desa wisata.  Dimana di sana banyak sekali potensi yang jika dieksplor bakal menjadi magnet untuk menarik wisatawan,” kata Cucu kepada FOKUSJabar.id di lokasi BCA.

    Menurut dia, sedikitnya tiga potensi wisata bisa dikembangkan. Yakni, wisata religi, wisata pertanian (kebun mawar) dan wisata air Situ Jaruju.

    ” Yang paling menarik perhatian dan bisa dikembangkan adalah wisata Kebun Mawar. Selain mempesona bisa digunakan berswafoto juga hasil pertaniannya (Mawar) bisa diolah menjadi Sabun, Teh Mawar dan yang lainnya,” ucap Cucu.

    Legislator besutan partai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini, dia bersama Pemerintahan desa setempat tengah memikirkan sarana infrastruktur menuju lokasi. Pasalnya, meski jalan sepanjang 2,5 km sudah dirabat, namun baru bisa dilalui satu kendaraan.

    ” Akses jalan masih sempit. Jika tidak bisa dilakukan pelebaran, bisa disiasati dengan menyediakan lahan parkir. Para pengunjung diangkut menggunakan jasa angkutan,” terangnya.

    Tak hanya itu, hasil dari Kebun Mawar mesti dari sekarang dipikirkan pemasarannya. Manfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelolanya.

    Dengan melihat potensi yang ada, Cucu akan membahasnya di rapat paripurna dan akan disampaikan ke Bupati melalui dinas terkait.

    ” Saya akan lihat dulu. Apakah bisa di tahun 2020, atau di tahun berikutnya untuk membantu infrastruktur jalan menuju Kebun Mawar,” tutup Cucu.

    (Andian/Bam’s)

    Berita Terbaru

    spot_img