spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    Puting Beliung Ciamis: Puluhan Rumah, Kantor, dan Masjid Rusak

    CIAMIS, FOKUSJabar.id : Angin puting beliung yang menerjang Kecamatan Jatinagara dan Kecamatan Rajadesa, Kamis (1/2/2018) merusak puluhan rumah, serta kantor dan Masjid.

    “Berdasarkan informasi di lapangan puluhan rumah mengalami kerusakan, berat, sedang dan ringan,” kata  Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Ani Supriani, kepada FOKUSJabar.id.

    Puting Beliung Ciamis Merusak Puluhan Rumah, Kantor, dan Masjid. (FOKUSJabar/Ibenk)

    Menurutnya, wilayah yang  paling parah di Dusun Kulon, Dusun Wetan, Dusun Mekarsari, dan Dusun Mulyasari. Desa Jatinagara, Kecamatan Jatinagara. Sedangkan di Kecamatan Rajadesa, yang terdampak puting beliung terletak di Desa Sirnabaya dan Desa Sirnajaya.

    “Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa dalam kejadian tersebut. Setelah mendapat laporan kami langsung menuju lokasi kejadian,” ujar Ani.

    Menurutnya, kerusakan rumah umumnya pada bagian atap karena genting terbawa angin. Banyak juga pohon-pohon besar yang tumbang hingga menimpa rumah dan jalan. Bahkan bukan hanya rumah warga, ada kantor kecamatan dan desa yang rusak pada bagian atap.

    “Kantor Kecamatan Rajadesa tertimpa pohon. Kantor Desa Jatinagara juga mengalami kerusakan. Total  rumah dan bangunan rusak sampai saat ini masih dalam pendataan,” jelasnya.

    Sementara, laporan dari warga Kecamatan Jatinagara, Acep Harisman mengatakan, selain rumah dan kantor, di daerahnya ada beberapa masjid yang mengalami kerusakan.

    “Saat ini warga secara bergotong-royong dan swadaya memperbaiki bangunan-bangunan yang rusak. Sementara untuk rumah warga yang kerusakannya cukup parah, penghuni terpaksa sementara waktu mengungsi di rumah kerabat,” katanya.

    (Ibenk)

    Berita Terbaru

    spot_img