spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Langit Diprediksi Berawan Saat Gerhana Bulan Total

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Cuaca berawan diprediksi mengiringi proses gerhana bulan total (GBT) nanti malam, Rabu (31/1/2018). Fenomena GBT dapat dilhat cukup jelas dengan angin bertiup normal sekitar 5 sampai 18 kilometer per jam,sekitar pukul 18.48 WIB – 22.00 WIB.

    Prediksi ini disampaikan Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Yuni Yulianti melansir PRFM, Rabu (31/1/2018).

    Gerhana ini pun memengaruhi pasang surut karena gravitasi bulan dengan matahari. Surut minimum sekitar 100-110 meter di pesisir Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

    Sedangkan prakiraan cuaca untuk Bandung Raya pada umumnya berawan serta berpeluang hujan ringan pada siang, sore, serta dini hari dengan temperatur udara 20,8 derajat celcius dan maksimal 29 derajat celcius. Kelembaban udara minimum 56 persen dan maksimum 88 persen sedangkan angin bertiup dari barat dengan kecepatan 5 sampai 18 kilometer per jam.

    “Untuk Jawa Barat pada umumnya di pagi berawan, siang, sore, berpotensi hujan ringan. Malam hari hujan ringan untuk sebagian wilayah Jabar yakni Bogor, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Sumedang, Purwakarta, Subang, Majalengka, Garut, Banjar, Ciamis, Karawang, Cirebon, serta Kuningan,” tambahnya.

    Selain itu temperatur udara wilayah Jawa Barat bagian utara 23 derajat celcius sampai 33 derajat celcius dengan kelembaban udara 55 persen sampai 95 persen. Sedangkan bagian selatan Jawa Barat temperatur udara berkisar 19 derajat celcius sampai 32 derajat celcius dengan kelembaban udara 55 persen sampai 95 persen. Angin bertiup dari barat dengan kecepatan 5 kilometer per jam dan maksimal 30 kilometer per jam.

    Tinggi gelombang di Utara Jabar 0.75 meter sampai 1.25 meter, sedangkan selatan berkisar 2.5 meter hingga 3.5 meter.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img