spot_img
Sabtu 10 Desember 2022
spot_img
More

    Koramil 1303 Bojong Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Sampah

    CIAMIS,FOKUSJabar.id. Koramil 1303/Bojong menggelar sosialisasi pemanfaatan sampah dan bank sampah di Balai Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing. Rabu (31/1/2017). Acara tersebut dihadiri puluhan kader PKK, aparat pemerintah desa, BPD dan tokoh masyarakat.

    “Untuk mempercepat pemahaman masyarakat memanfaatkan dimulai dari Kader PKK, Karang Taruna, kader PKK ini tersebar di seluruh wilayah, memiliki tangungjawab tinggi khususnya kesehatan dan ekonomi keluarga melalui 10 program PKK,” kata Danramil 1303 Bojong Kapten Czi Rohadi

    Dia mengatakan, sampai saat ini sampah masih menjadi masalah baik di kota maupun di desa. Sebagian besar masyarakat belum memahami strategi memanfastkan sampah menjadi barang yang berguna baik organik maupun unorganik. Apalagi penanganan sampah berkelanjutan melalui pendirian Bank Sampah yang sangat berguna jika dilaksanakan oleh seluruh masyarakat.

    Ketua PKK desa karangkamulyan Tating Maryana mengaku, masih banyak warga yang belum memahami secara menyeluruh tentang pemanfaatan sampah. Terutama pendirian bank sampah.

    “Kami sadar sampah bisa membahayakan kesehatan dan sebetulnya bisa dimanfaatkan, namun teknisnya seperti apa kami kurang paham. Oleh karena itu sosialisasi dari koramil ini sangat bermafaat bagi Kader PKK,” ucapnya.

    Tating mengaku, setelah mendengarkan sosialisasi ini, pemanfaatan sampah khsususnya melalui bank sampah semakin jelas. Sehingga tidak akan terlalu sulit untuk mendirikannya. Apalai jika kebersamaan kader PKK terus terjalin.

    “Kami bertekad untuk mendirikan bank sampah secepatnya, sehingga mampu mengolah sampah menjadi rupiah, ujarnya.

    (Husen Maharaja/DAR)

    Berita Terbaru

    spot_img