spot_img
Selasa 29 November 2022
spot_img
More

    Jelang Gerhana, Takbir Mulai Berkumandang di Mesjid Raya Bandung

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Gerhana bulan penuh dengan fenomena langka super blood blue moon akan terjadi malam nanti, Rabu 31 Januari 2018. Umat muslim pun mulai melakukan persiapan untuk menggelar shalat Gerhana, termasuk di Mesjid Raya Bandung Jawa Barat , yang terletak di Alun Alun Bandung. Bahkan, kumandang takbir akan di mulai sekira pukul 17.00 WIB.

    “Insyaallah dilaksanakan ba’da Maghrib dan persiapan takbir dimulai sekitar jam lima sore. Insyaallah rencana yang menjadi Imam shalat gerhana adalah H Aang Zaenal Arifin, dan Khotib Prof Dr Rosihan Anwar Guru Bersar UIN,” jelas Sekretaris Dewan Kemakmuran Mesjid (DKM) Mesjid Raya Bandung Jawa Barat, Aos Sutisna, kepada wartawan saat di temui di kantornya, jalan Dalem Kaum, Rabu (31/01/2018).

    Aos memprediksi, jumlah jamaah yang akan mengikuti shalat gerhana nanti malam, adalah jamaah shalat maghrib dan jamaah singgahan. Jika merunut pada jumlah jamaah shalat maghrib setiap harinya, maka diperkirakan mencapai 400-500 orang. Namun ia berharap, jamaah shalat Gerhana nanti bisa lebih banyak, mengingat kejadian ini tidak akan terjadi setiap hati.

    “Rata-rata sholat maghrib sekitar 400 an kecuali hari libur agak banyak. Karena kejadian gerhana pun sudah barang tentu merupakan kehendak Allah SWT. Intinya bagi kita adalah lebih bisa me Maha Suci kan Allah bahwa semua sudah bergerak atas kehendak Nya,” jelas Aos.

    Oleh karena itu, Aos berharap fenomena alam yang langka ini menjadi momen yang harus dimanfaatkan untuk banyak beristighfar dan memohon ampun kepada Allah. Satu diantaranya, dengan melakukan shalat gerhana berjamaah.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img