Jumat 18 September 2020

Ini Tanggapan TB Hasanuddin Soal Kesaksian Anggota DPR RI Fayakhun

BANDUNG, FOKUSJabar.id: Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin menanggapi kesaksian anggota DPR RI Fayakhun Andriadi dalam kasus suap pengadaan satelit monitoring dan drone Badan Keamanan Laut.

Fayakhun bersaksi untuk terdakwa Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla, Nofel Hasan, dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2018).

Dalam sidang tersebut, nama Tubagus Hasanuddin disebut sebagai orang yang memperkenalkan Fayakhun dengan kader PDIP sekaligus staf ahli Kepala Bakamla, Ali Fahmi alias Ali Al-Absyi.

Dia menjelaskan bahwa perkenalan tersebut merupakan perkenalan biasa dan bersifat terbuka, terlebih saat itu Komisi 1 memang tengah melakukan kunjungan ke Kantor Bakamla.

“Perkenalan itu kan perkenalan terbuka saat Komisi 1 berkunjung ke kantor Bakamla,” kata Hasan.

Politisi PDIP itu pun mengaku bahwa dirinya bertindak sebagai pemimpin rombingan komisi dan baru pertama kali berkunjung ke Kantor Bakamla. Hal itu karena Bakamla baru saja menjadi mitra Komisi 1.

“Saat itu, saya sebagai pimpinan rombongan Komisi 1 berkunjung ke kantor (itu) untuk pertama kali, saat organisasi baru ini masuk menjadi mitra komisi 1,” jelas Kang Hasan.

Pertemuan dengan Ali Fahmi, yang merupakan staf ahli Kepala Bakamla itu, kata Hasan, pertama kalinya dilakukan di kantor organisasi tersebut.

Menurut dia, Fahmi atau Ali Al-Absyi itu telah menjadi staf khusus Bakamla.

“Saat setelah bakamla diresmikan Presiden, saya ketemu saudara Fahmi di kantor Bakamla, dan konon sudah jadi staf khusus Bakamla,” jelas dia.

Hasan yang kini Cagub Jabar dari PDIP itu menegaskan bahwa tidak hanya Fayakhun yang ada saat itu ataupun berkenalan dengan Ali Fahmi.

” Lalu kita kenalan, dan bukan hanya dengan saudara Fayakun saja (saat itu),” tegasnya.

Sebelumnya, nama Wakil Ketua Komisi I DPR itu muncul dalam persidangan kasus suap Bakamla yang menghadirkan anggota DPR sebagai saksi, Fayakhun Andriadi.

Fayakhun memberikan kesaksiannya untuk terdakwa Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla, Nofel Hasan.

Dalam kesaksiannya itu, Fayakhun menyebut Tubagus Hasanuddin atau yang akrab dikenal TB Hasanuddin sebagai pihak yang mengenalkannya kepada kader PDIP sekaligus staf ahli Kepala Bakamla, Ali Fahmi alias Ali Al-Absyi.

Menurut Fayakhun, perkenalan itu dilakukan di gedung DPR RI, saat itu dirinya dikenalkan kepada Ali usai menghadiri rapat dengar pendapat.

Kang Hasan saat itu menjabat sebagai anggota Komisi I DPR RI bersama dengan Fayakhun.

(LIN)

Berita Lainnya

Artikel Lainnya

Triwulan 2020, UPI dan Desa Pangauban Mulai Canangkan Dedi-Dewi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat bersama...

40 Personel Tangani Kebakaran Apartemen di Jaktim

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Kasi Operasional Damkar Jakarta Timur (Jaktim), Gatot Sulaiman mengatakan, 10 armada pemadam api dikerahkan dalam penanganan kebakaran satu ruangan tempat tinggal di Apartemen...

Arsenal Permalukan Fulham 3-0, Debut Manis Willian

LONDON,FOKUSJabar.id: Arsenal membuka musim baru Liga Inggris (English Premier League, EPL) dengan kemenangan 3-0 saat bertandang ke markas tim promosi, Fulham, di Craven Cottage,...

Resmi Dilantik, PP PBVSI Yakin Rudy Bawa Bola Voli Jabar Makin Berprestasi

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) menaruh asa kepada pengurus PBVSI Jabar untuk terus memberikan kontibusi positif terhadap perkembangan olahraga...

Gegara ini, Kepala Dinas Pertanian Pangandaran Dipanggil Bawaslu

PANGANADARAN, FOKUSJabar.id: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran memanggil satu orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pangandaran berinisial SU. SU yang diketahui merupakan kepala dinas...

Spesifikasi Samsung Galaxy Watch 3 Lengkap

BANDUNG,FOKUSJabar.id: Samsung galaxy watch 3 telah resmi dirilis. Smartwatch ini diklaim 15 persen lebih ringan, 14 persen lebih tipis, 8 persen lebih kecil jika...

Jokowi: Ketimpangan Tes Covid-19 Antardaerah Harus Diperkecil

JAKARTA,FOKUSJabar.id: Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingatkan kepada seluruh jajarannya untuk segera memperkecil ketimpangan jumlah tes Corona Virus Disease (Covid-19) antardaerah. "Terkait testing, ini minggu yang lalu...