spot_img
Selasa 13 April 2021
spot_img
spot_img

Berikut Jenis Serta Durasi Waktu Gerhana Bulan Total Nanti Malam

JAKARTA, FOKUSJabar.id: Seperti diketahui malam ini Indonesia akan kedatangan fenomena Gerhana Bulan Total. Gerhana ini bisa dilihat dengan jelas di seluruh wilayah Indonesia.

Seperti dikutip dari Okezone, tak hanya sekedar Gerhana namun malam nanti juga kamu akan menyaksikan 4 gerhana secara bertahap. Berikut 4 jenis gerhana berserta jamnya.

Yang pertama adalah Supermoon, perlu kamu ketahui Supermoon ini akan terlihat lebih besar. Secara visual ia akan terlihat berwarna kuning emas secara total.

Lalu dilanjut Bluemoon, bulan purnama kedua dalam satu bulan Masehi ini akan terlihat berwarana biru laut yang cukup indah. Yang ketiga adalah Bloodmoon, gerhana ditandai dengan bulan berwarna merah darah dan berlangsung selama gerhana bulan total.

Terakhir adalah Super Blue Moon, ini merupakan gerhana yang paling ditunggu di Indonesia. Pasalnya secara visual bulan ini akan terlihat seperti dua bulan, di mana gerhana bulan Bluemoon dan Bloodmoon menyatu dan tampil berbarengan. Secara visual, tampilannya adalah Bluemoon berada di belakang Bloodmoon.

Nah, untuk durasi terjadinya keseluruhan gerhana yang harus kamu ketahui adalah 1 jam 16 menit pada gerhana total dan 3 jam 22 menit gerhana sebagian dan total.

Gerhana sebagian akan dimulai sejak pukul WIB 18.48, WITA 19.48 dan WIT 20.48. Lalu Gerhana Total pukul WIB 19.52, WITA 20.52 dan WIT 21.52.

Gerhana Total akan berakhir WIB 21.08, WITA 22.08 dan WIT 23.08. Gerhana Sebagian akan berakhir WIB 22.11, WITA 23.11 dan WIT 00.11.

(Vina)

Artikel Lainnya

spot_img