spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    Masyarakt Adat Bali : Sunda Adalah Nenek Moyang Kami

    CIAMIS,FOKUSJabar.com: Kabupaten Ciamis Kedatangan Akademisi, Budayawan dan Pihak Kementrian Agama Provinsi Bali di Gedung Bumi Reka Paminton, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis beberapa waktu lalu.

    Kedatangan mereka disambut Budayawan Galuh Ciamis Galuh Sadulur, Paseban Jagad Palaka, Forum Pedulu Pembangunan Ciamis Utara, dan sejarawan, Budayawan Galuh Ciamis Pasundan lainya.

    Kedatangan mereka untuk membahas asal muasal sejarah Sunda dan Bali. Budayawan Bali yang juga Ketua Parisade Hindu Darma Provinsi Bali Igusti Ngurah Sudiana mengungkapkan, Budaya Sunda adalah asal muasal dari Budaya Bali.

    “Sunda adalah leluhur kami, asal muasal dari Budaya kami, alasan kita bersilaturahmi ke sini adalah untuk menyambung kembali benang merah Budaya yang sudah terputus,” jelasnya.

    Igusti mengatakan, Bali hanya setetes kecil dari bagian Pasundan, dan pihaknya akan terus berdo’a kepada leluhur untuk keberlangsungkan Budaya yang menjadi kebangsaan Bangsa Indonesia dalam keberagaman Bhineka Tunggal Ika.

    Selain bersilaturahmi dengan sejumlah Budayawan dan Sejarawan Tatar Galuh Ciamis Pasundan, Rombongan Budayawan serta Pihak Kementrian Agama Bali melakukan ritual do’a bersama kepada leluhur di Situs Budaya Astana Gede Kawali Ciamis.

    Sejarawan Ciamis sekaligus Juru Kunci Situs Budaya Astana Gede Kawali Ciamis, Mbah Daday menyambut baik kedatangan Budayawan Bali.

    “Silaturahmi antar Budayawan serta Sejarawan akan mempererat kebersamaan dalam mewujudkan Bangsa yang maju dengan menjunjung tinggi kearifan lokal,” ucapnya ketika ditemui di Bale Bumi Reka Paminton, Selasa (30/1/2018).

    (Riza M Irfansyah/Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img