spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    Ini Langkah Strategis Ciptakan Citarum Harum Menurut ITB

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Untuk menciptakan Citarum Harum, Institut Teknologi Bandung (ITB) memiliki langkah-langkah strategis yang bisa dilakukan. Langkah strategis tersebut yakni CIS (Commitment-Involvement-Support), BAC (Behaviour-Attitude-Culture) dan KKN Tematik.

    “Untuk komitmen, Alhamdulillah, sekarang sudah ada komitmen yang sangat fundamental dan strategis dari pemerintah melalui Perpres yang akan diterbitkan,” ujar Rektor ITB, Kadarsah Suryadi saat ditemui di kampus ITB, Jalan Ganesha Kota Bandung, Selasa (30/1/2018).

    Selain komitmen, diperlukan keterlibatan atau involvement dari semua stake holder terkait. Mulai dari pemerintahan, akademisi, masyarakat, industri hingga semua komponen. Selain itu, dibutuhkan juga keterlibatan semua keahlian mulai dari budaya, hukum, teknik, hingga sosial.

    “Dan yang tidak kalah penting adalah dukungan atau support. Kita tidak bisa melakukan semua gerakan termasuk penerapan teknologi kalau tidak ada dukungan, salah satunya dari sisi pendanaan,” tambahnya.

    Sedangkan untuk langkah kedua yakni BAC atau Behaviour, Attitude, dan Culture. Langkah ini merupakan lagkah dalam pembentukan sebuah budaya yang peduli lingkungan. Melalui behaviour atau perilaku yang peduli terhadap lingkungan, akan memunculkan sebuah kesadaran dari setiap individu terkait pentingnya lingkungan.

    “Jika kesadaran itu muncul di setiap individu di kelompok masyarakat, maka itu akan menumbuhkan sebuah budaya. Jadi harus ada semacam aturan yang membentuk behaviour kemudian akan tumbuh perilaku yang menimbulkan kesadaran terkait pentingnya citarum dan membentuk kesadaran bersama atau budaya terhadap lingkungan khususnya sungai Citarum,” tuturnya.

    Langkah lain yakni dengan melibatkan generasi muda yang peduli terhadap lingkungan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni dengan menggelar Kuliah kerja Nyata (KKN) tematik terkait lingkungan bagi semua perguruan tinggi di Jawa Barat yang sudah dinisiasi Kemenristik Dikti yang bekerjasama dengan pihak Kodam III/Siliwangi.

    “Geraka ini bagus karena generasi muda adalah mahasiswa. Saat mereka diajak untuk bergerak memelihara lingkungan maka akan ada proses dalam pembentukan budaya atau BAC tadi. Dan kalau KKN Tematik bisa dijalankan tahun ini, maka ITB akan menyambut baik hal itu,” tegasnya.

    (ageng/vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img